Dengan adanya trafik penonton yang tinggi, kemungkinan keranjang kuning tiktok affiliate-mu diklik akan jauh lebih berpeluang.
Pelajaran kali ini, kita akan belajar cara bikin konten tiktok affiliate yang menarik.
Perlu kamu pahami, bahwa untuk mendatangkan trafik penonton, konten yang disuguhkan harus menarik.
Sebab, tiktok akan merekomendasikan konten dengan durasi tonton yang tinggi.
Misalnya begini, kamu buat konten tiktok dengan durasi 40 detik.
Nah dari durasi 40 detik tersebut, kalau setiap penonton yang datang mau menontonnya sampai akhir.
Maka konten tersebut dianggap menarik oleh penonton dan algoritma tiktok.
Selain itu, konten yang memiliki kecenderungan mendapatkan interaksi/engagement dari audiens. Seperti like, komen, share, dan klik favorit oleh penonton.
Maka konten tersebut berpotensi direkomendasikan dan disebar oleh tiktok kw lebih banyak audiens lainnya.
Nah jika kontenmu bisa sampai tahap ini. Artinya, kontenmu masuk ke beranda FYP (For Your page).
Apa Saja yang Bikin Konten Affiliate Tiktok Menarik?
Ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan dalam konten kamu, yaitu:
-
Hook Konten
Apa yang membuat audiens mau lanjut atau tidak menonton video terletak pada 3-5 detik pertama.
Jika pada 3-5 detik pertama, apa yang kamu sampaikan kurang membuat tertarik audiensmu mereka kemungkinan skip video.
Sebaliknya, jika pada waktu tersebut mereka tertarik maka mereka akan penasaran menonton videomu sampai habis.
Inilah yang disebut sebagai hook.
Jadi hook adalah sesuatu pada video untuk memancing penonton agar berhenti scroll dan menonton video kamu.
Hook adalah kosakata dari bahasa Inggris yang berarti kait.
Maksudnya, 3-5 detik pertama itu menjadi pengait atau pemicu apakah orang akan mau lanjut di videomu atau mereka akan pergi.
Jadi sebisa mungkin jangan sampai penonton bosan dan skip.
Cara bikin konten tiktok affiliate yang menarik, yang pertama yang kamu perhatikan adalah hook.
Apa saja yang membuat hook menarik?
- Teks copywriting
- Potongan video kontroversi
- Potongan video menarik
- Sound viral atau trend
- Caption membuat penasaran
- Suara asli atau google unik
- dan lain-lain.
-
Isi konten
Saat kamu berhasil menghipnotis audiens 3-5 detik awal video, maka tugas selanjutnya buat tetap bertahan dan penasaran menonton sampai akhir. Dengan cara:
- Potongan video menarik
- Penjelasan video produk singkat padat dan jelas
- Sesuatu yang dapat memancing interaksi
Untuk membuat isi konten yang menarik, kamu harus memahami bagaimana cara membuat naskah video yang memikat audiens.
Berikut tulisan yang bisa kamu pelajari untuk membuat skrip copywriting yang menarik:
Cara Nulis Copywriting Tiktok Affiliate? Disertai Contohnya
-
Call To Action
CTA atau call to action adalah apa yang kamu inginkan pada audiensmu. Jadi, CTA adlaah instruksi pada audiens-mu.
Entah itu instruksi follow, like, komen, atau klik keranjang kuning.
Di akhir video kamu harus pandai dan kreatif dalam mengarahkan audiens untuk melakukan order. Disini kunci untuk terjadi penjualan yang banyak. Caranya:
Bisa dengan overlay ajakan komentar atau share agar dapat diskon, gratis ongkir atau potongan harga.
Contoh:
“Komentar saya mau promo untuk mendapatkan potongan harga lalu langsung cek keranjang kuning”
“Jangan lupa salin tautan untuk mendapatkan diskon kemudian langsung cek keranjang kuning”
“Klik like dan follow untuk dapatkan gratis ongkir buruan cek keranjang kuning”
-
Caption yang Memancing Interaksi
Bikin konten tiktok yang menarik tidak cukup hanya sebatas pada videonya saja.
Caption pun berpengaruh.
Seberapa pengaruh sih caption untuk video?
Caption adalah salah satu bagian untuk memperjelas isi postingan.
Caption juga berperan penting dalam menarik interaksi viewers.
Saat pengguna tiktok scroll beranda, pandangan mata pasti tertuju pada caption.
Ketika caption jelas dan menarik, viewers akan terfokus untuk menonton isi video secara keseluruhan.
Selain unsur di atas, ada beberapa strategi posting konten affiliate tiktok.
Kamu bisa baca beberapa strategi penunjang posting konten affiliate agar mudah FYP melalui tulisan berikut:
Bagaimana Cara Membuat Caption Video Tiktok yang Memikat?
Jika sudah paham cara membuat video yang menarik.
Lalu PR selanjutnya adalah bagaimana membuat caption yang menarik pula.
Apa saja sih hal yang bikin caption video tiktok menarik?
Menjelaskan Isi Video
Caption yang kamu buat harus menjelaskan apa isi video dengan kata-kata singkat, padat dan jelas dengan rangkaian menarik
Contohnya seperti ini:
“Panci presto yang lagi viral nih bund kualitasnya bagus banget.”
“Sepatu yang kamu cari-cari selama ini ngab.”
“Karpet bulu ukuran 2 meter bun, lembut, nyaman dan tebal”
Penonton bakal penasaran terutama emak-emak.
Intinya 3-7 detik awal video, merupakan kunci untuk menarik audiens menonton video kamu sampai selesai.
Caption Larangan
Psikologi dasar manusia, semakin ia dilarang maka semakin ia penasaran.
Sehingga yang terjadi adalah instruksi larangan justru akan menjadi perintah, karena muncul rasa penasaran..
Coba pakai trik ini, sangat ampuh. Contohnya gimana?
“Jangan buka keranjang kuning ya nanti kamu kaget”
“Awas! Jangan dibuka keranjang nanti kamu tertarik untuk beli”
“Saya sarankan jangan buka keranjang deh!”
Yakin deh, audiens bakal buka keranjang karena seperti ada dorongan.
Pakai Kata “Viral”
Cobalah pada caption pakai kata “Viral”.
Kenapa pakai kata viral? Karena kata ini masuk dalam kata kunci “Algoritma Tik Tok”.
Ketika kamu memasukkan kata “viral” di caption maka akan muncul di pencarian.
Contohnya seperti ini:
“Fashion Boge yang lagi viral nih”
Makin banyak videomu ditemukan di pencarian dan ditonton sampai selesai maka videonya direkomendasikan oleh pihak tiktok.
Pakai Pertanyaan
Caption dengan sebuah Pertanyaan Buat sebuah pertanyaan yang memancing untuk berkomentar.
Tujuan dari cara ini adalah untuk memperbanyak interaksi video kamu. Makin banyak yang komentar maka makin berpeluang untuk FYP.
Contohnya gimana? seperti ini:
“Menurut kamu cocok engga sih memakai baju ini?”
“Kalau dibandingkan sepatu A dan B lebih keren yang mana?”
“Parfum favorite kamu apa?”
Dan sejumlah pertanyaan yang memancing audiens untuk berkomentar
Menyuruh Komentar
Caption menyuruh untuk komentar. Pernah engga lihat postingan captionnya seperti ini “Yang PP merah komentar”
“Tinggalkan jejak kata-kata sad mu”
“Silahkan ketik kata-kata untuk ibu”
Tujuan dari cara ini adalah untuk memperbanyak interaksi. Kembali lagi, semakin banyak interaksi maka video kita akan berpeluang untuk FYP.
Caption Challenging/Menantang
Caption menantang atau challenge jenis caption yang tujuannya memancing interaksi. Misalnya:
“Ayo! Siapa berani nge tag temannya di kolom komentar”
“Kalau berani! Coba tuliskan isi hati kamu di kolom komentar”
ATM Caption Akun Besar
Ikuti caption akun besar.
Cari akun-akun besar dan ikuti captionnya.
Dan kalau mau beda, cukup ATM captionnya.
Apa yang perlu Dilakukan Agar Konten Affiliate Tiktok Segera Pecah Telor?
Istilah pecah telor disini yaitu mendapatkan komisi untuk pertama kalinya. Jika kamu baru mulai terjun di dunia affiliasi tiktok.
Tentu hal yang paling kamu nantikan adalah kapan videomu menghasilkan untuk yang pertama kalinya.
Hal Penting yang Perlu Kamu Lakukan Agar Segera Pecah Tiktok Affiliate telor, yaitu
Fokus pada 1 produk terlebih dahulu
Buat kamu yang pemula janganlah maruk.
Semua produk tidak perlu dimasukin etalase.
Disarankan fokus pada 1 produk terlebih dahulu.
Karena 1 produk maka fokuskan pada ide konten selanjutnya, bukan pada produk apa selanjutnya.
Misalnya seperti ini.
Kalau fokus produk panci maka seterusnya produk panci.
Kalau fokus produk tas wanita maka seterusnya produk tas wanita.
Kalau fokus produk mukenah maka seterusnya produk mukenah
Aku sarankan jangan di ubah-ubah agar viewnya tetap stabil dan berjalan pada algoritma tersendiri.
Kecuali, kamu sudah jago, bisa mencampurkan banyak produk.
Fokus pada 1 tipe konten
Aku sarankan jangan mencampur-campurkan tipe konten.
Kalau dari awal konten vidcin maka di video-video selanjutnya tetap konten vidcin.
Jangan dicampur, awalnya vidcin malah diubah ke konten ss atau original.
Masing-masing konten punya alur tersendiri jadi tidak boleh digabungkan satu sama lain.
Temukan Produk Winningmu Sendiri
Kamu bisa mencari produk yang memang benar-benar dibutuhkan, dicari, memiliki banyak manfaat, lagi trend, berkualitas dan murah.
Karena produk juga disini sangat berperan penting.
Untuk apa video kamu FYP kalau produk tidak dibutuhkan audiens.
Tentukan Target Audiensmu
Cari audiens yang sesuai dengan produk yang akan diafiliasikan.
Contoh seperti ini:
Market: Remaja yang ingin memperbaiki bentuk tubuh dan menaikkan massa ototnya. Produknya: Alat-alat gym dan minuman protein
Ide konten: Bisa share seputar gerakan, alat-alat, edukasi dan lainnya yang menyangkut seputar gym.
Meenentukan audiens adalah salah satu hal yang krusial.
Sebab jangan sampai kontenmu salah sasaran.
Kamu ingin audiensmu orang yang punya daya beli, bukan cuma audiens yang sekedar ramai nonton.
Tapi sama sekali tidak ada yang beli.
Biasanya, kalau video ramai tapi gak ada yang beli, terjadi karena audiensmu kebanyakan para bocil (bocah cilik).
Saya sudah mempersiapkan penjelasan untukmu. Bagaimana cara agar videomu jauh dari audiens bocil. Baca di tulisan berikut:
Cara Agar Video Tiktok Affiliate Terhindar dari Audiens Bocil
Konsisten Posting
Jangan hanya 1-2 kali upload saja, jangan 1-2 hari saja.
Kamu harus konsisten upload beberapa video dulu dalam waktu 1-2 minggu.
Kalau memang tidak naik sama sekali atau mentok, bisa memakai teknik rombak akun.
Analisis Konten dan Akunmu
Jadi tidak hanya sekedar upload video, kamu juga harus pandai-pandai menganalisis akun. Caranya:
Masuk Alat kreator
Klik analisis
Bagian ringkasan, lalu akan muncul’
- Tayangan video serta diagramnya
- Tampilan video
- Suka
- Komentar
Di tab bagian konten:
- 6 postingan terakhir
- Video Populer
Lalu Pada bagian pengikut:
- Jumlah pengikut
- Pengikut Neto
- Wawasan pengikut seperti Gender, Usia, Negara/wilayah teratas dan kota teratas.
Cari Waktu paling aktif
Contoh seperti ini. Video kamu FYP di wilayah Jakarta, gender pria, Usia 18-24 tahun dan waktu paling aktif jam 11 siang.
Selama ini rutin upload seputar fashion.
Dilihat dari analisisnya kamu bisa upload produk fashion yang lagi trend di Jakarta dengan usia 18-24 tahun yaitu Sweater hoodie Erigo.
Lalu upload video sesuai jam pengikut paling aktif.
Semakin pandai kamu menganalisis akun, maka video yang diupload akan memiliki peluang yang lebih besar untuk FYP dan jumlah orderan yang banyak.
Cara Rombak Akun yang Kontennya Sepi
Jika akun kamu nge-stuck atau anyep sudah berminggu-minggu dan tidak ada peningkatan sama sekali, jangan dibuang akunnya, tetapi dirombak.
Teknik rombak sudah aku lakukan dan ternyata berhasil pada beberapa akun. Caranya seperti ini:
- Hapus semua video
- Ubah username akun
- Ganti bio dan foto profil
- Unfollow akun
- Hapus semua riwayat tontonan
- Clear cache akun lalu log out. Diamkan akunnya selama 2- 3 hari. Setelah itu masuk lagi.
- Ganti pola upload. Usahakan cari produk yang lebih berpotensi untuk terjadi penjualan
- Cari sound lain
- Usahakan buat konten yang lebih berkualitas
Lihat tanda-tanda akunnya.
Kita tingkatkan editing pada video dan memperluas niche marketnya serta gali kebutuhan market.
Kemudian bisa menambahkan jenis produk lain yang masih satu kategori agar bisa menjawab permasalahan market.
Kesimpulan
Cara Bikin konten affiliate tiktok yang menarik ada beberapa unsur yang harus kamu perhatikan.
Unsur tersebut yaitu: Hook, Isi Konten, call to action, bikin caption yang menarik, dan Amati akun-akun besar.