Berapa Komisi Affiliate Tiktok? Kamu Gak Akan Nyangka

Imelda Affro

Berapa komisi affiliate tiktok
Berapa komisi affiliate tiktok

Ada hal yang perlu kamu pahami sebelum tahu berapa banyak komisi jadi affiliate tiktok. 

Ingat, OMSET ITU BUKAN KOMISI. 

Kalau lihat angka penjualan para affiliator, misal sehari omset sampai 100 juta. 

Jangan terlalu kalap ya! 

Sering aku menjumpai, omset itu dikira duitnya masuk ke affiliator semua. 

Masuk ke kantong dia semua. 

Masuk rekening pribadi semua. 

Kalau itu beneran terjadi, aku jamin Hotman Paris pensiun jadi pengacara, lalu main affiliate tiktok pake aspri dia.  

 

Omset di tiktok affiliate itu, terdiri dari dua hal ya: 

  1. Harga jual barang dari toko (seller). 
  2. Ditambah Ongkos kirim.

 

Yang masuk ke rekening affiliator adalah sekitar 5 sampai 15% dari harga jual. 

Tergantung produknya.  

Terus, karena ini jual beli online, dan ada sistem COD, maka bisa dipastikan ada barang retur. 

Kamu kalau sering buka tiktok, pasti pernah, nonton video seorang pemilik produk yang mengeluh karena paketan COD pada balik lagi.  

 

Jadi, kalau kalian kepo berapa komisi yang diterima oleh affiliator.

Kurang lebih 5 sampai 15 persen dari omzet, dikurangi barang COD yang retur. 

Dan komisi biasanya cair paling cepat SEMINGGU setelah terjadi penjualan. 

Ada juga yg lebih lama.  

Misalnya, omset kita tanggal 1 Agustus adalah 80 juta. 

Biar gampang,itu jualan dari 1 jenis produk aja ya. 

Komisinya 5% yang artinya kita dapat komisi 4 juta (5% dari omset 80 juta) dari penjualan tanggal 1 Agustus.  

 

Nah, pada realitanya, yang cair itu tidak 4 juta 

Kenapa? 

Karena pembeli di tiktok itu, suka banget sama sistem COD. 

Dan pasti ada retur. 

Aku punya beberapa teman yang punya produk dan jualan produknya di tiktok shop. 

Mereka untungnya memang besar, lebih besar dari kita sebagai affiliator. 

Tapi mereka juga punya beberapa kegalauan.  

Kegalauan pemilik produk di tiktok shop itu begini:  

Rasio barang retur dari sistem COD itu hampir mendekati 50% dari barang yg dikirim. 

Jadi kalau ada pesanan COD 100 paket, yang paketnya balik bisa sampai 40 paket. 

Kalau pemilik produk gak menerapkan sistem bayar COD, omsetnya turun drastis banget.  Nah, sebagai affiliator.

Biar kita gak terlalu ngarep, aku selalu berekspektasi bahwa yg akan aku terima adalah 1/2 dari nilai yang seharusnya cair. 

Misalnya seperti kasus diatas, harusnya aku dapat 4 juta kan dari penjualan di tanggal 1 agustus. 

Maka berharap saja dapatnya 2 juta.  

Dan nilai 2 juta sehari komisi itu juga udah lumayan banget, kalau dikali 30 hari. 

Sebulan bisa 50-60 jutaan, Ini dah ngalahin gaji gaji direktur perusahaan besar lho.  

Ditambah lagi, sebagai affiliator, kita kerjanya relatif enak karena :  Nggak harus repot ngatur stok barang. 

Nggak harus pusing mikir packing barang. 

Nggak terlalu mikirin drama pengiriman barang dan komplain dari pelanggan kalo barang rusak.

Kerjaan kita saat jadi affiliator cuma satu: BIKIN KONTEN YANG  MENARIK DOANG!  

Intinya, sekarang kamu sudah bisa membayangkan berapa komisi affiliate tiktok.

Berapa komisi affiliate tiktok shop program
Berapa komisi affiliate tiktok shop program?

 

Bagaimana Cara Menarik Komisi Tiktok Affiliate?

Komisi itu, biasanya paling cepat cair 7 hari setelah barang terjual. 

Dan tanda bahwa komisi cair itu, bisa kita cek di akun tiktok kita. 

Peraturan tiktok menyebutkan, minimal komisi bisa dicairkan adalah 10 ribu, dan maksimal adalah 999 juta rupiah kalau tidak berubah ya. 

Dan nanti di setiap penarikan, ada biaya pelayanan yaitu 4 ribu rupiah + 0,8% dari jumlah transaksi yang ditarik. 

Jadi misalnya kamu narik semakin besar, maka semakin besar jg biaya pelayanannya.  

Untuk menarik komisi, menunya ada di dashboard akun tiktok kita. Caranya:  

  • Klik profil home akun tiktok kamu  
  • Lalu cek keranjang etalase di bawah foto profil, 
  • klik “Masuk” 
  • Pilih menu “KOMISI”, 

Minimal harus 10 ribu dan kalau masih 10.ribu belum bisa ditarik. 

Karena nanti ada biaya adminnya, nilai 10 ribu itu harus sudah dipotong biaya admin.  

Kemudian, kalau kamu klik “Kembali dan tampilan seperti ini lagi  

Coba kamu klik “Pesanan afiliasi”.

Di sini kamu bisa memonitor daftar orderan sudah sampai tahap mana. 

Apakah sudah selesai diproses, sedang diproses, atau belum diproses, atau barang dikembalikan. 

Nanti tampilannya kurang lebih seperti berikut ini:  Nanti kalau kamu udah praktek, lama-lama akan paham. 

Karena aku Cuma butuh seminggu buat memahami dashboard dan cara bermain tiktok ini.

Oke, demikian penjelasan tentang cara pencairan komisi. 

Nanti kalau kamu baru pertama kali narik komisi, akan diminta mengisi nomor rekening dahulu, maka isilah.

 Juga alamat rumahmu. Isilah sesuai domisili bisa, sesuai KTP juga bisa.  

 

Bagaimana Cara Tambah Akun Tiktok Affiliate Baru?

Bisa jadi saranku agak berbeda dari yang lain. 

Tapi menurutku buat kamu yang baru belajar, atau sudah lama terjun tapi belum pernah ngerasain banjir order di akunnya.

Maka fokus satu akun dahulu. 

Sampai bener bener ada omset yang besar, minimal kejar 10 juta omset di akun itu. 

Baru kalo mau mulai menambah akun lagi gapapa.  

Kenapa begitu?  

Karena kalau bikin akun terus, tapi kalo masalah utama ada di cara editnya. Hasil videonya kurang menarik, editingnya nggak bikin orang berhenti scroll, maka akun baru pun masih tetap akan anyep.  Istilahnya, lagu lama kaset baru. 

Lalu harus bagaimana?  Menurutku, ini usul aja ya.. 

Silahkan kalau mau diikuti. 

Ga diikuti juga ga masalah. 

Kalau aku mending fokus satu akun dahulu terus.   

SAMBIL terus DILATIH skill penyajian video yang lebih menarik. 

Potong sana potong sini sumber douyin. 

Latihan ss kalau memang suka ss, riset konten konten yang pada fyp, rombak terus skrip video, sampai bisa dapet penjualan bagus. 

Misalnya tembus 10 juta penjualan di akun itu.  

Tidak masalah akun sudah 3 minggu sudah sebulan, prinsipku selama reputasi akun tersebut masih 0/24 atau masih baik, maka masih berpotensi fyp.  

Kalau baru awal sudah gonta ganti akun. 

Dikit dikit buat akun baru, tapi cara bikin kontennya masih gitu gitu aja, ya gapapa juga sih..

Konsekuensinya adalah jatah invite di tiktok seller kamu jadi berkurang terus dan terbuang percuma. 

Kan sayang?Tapi silahkan kamu mau nambah juga tidak masalah, ini hanya usulku pribadi.  

 

Bagaimana Caranya Agar Produk yang Laku di Tiktok Affiliate Gak Cuma itu Saja?

Bagaimana kalau, akun kita, barang yang laris cuma satu produk saja. 

Saat upload produk lain, tidak ada yang checkout.  

Inilah trik dari aku selama mengelola akun tiktok buat jualan alat dapur. 

Saat mengupload produk baru, coba silahkan kamu praktekkan barangkali berhasil di akunmu:  

  1. Format video postingan baru disamakan dengan format video yang barangnya laku. Entah itu lagunya, teksnya, susunan skripnya, sampai warna thumbnailnya disamain.  
  2. Postingnya kalau biasanya di jam jam prime time.. coba sekali kali di jam yang berbeda. Misalnya jam 11 malam, jam 3 pagi, atau jam 5 pagi. Aku sering upload yang jam 11 malam, besok paginya jam 7 sudah ramai yang nonton.  
  3. Coba pancing dengan jualan produk yang murah, dengan komisi kecil tapi orang gampang co, ga banyak mikir. Ini aku terapin kemarin, jualan ganjel kulkas, harga 7.500 komisi 750 laku banyak.  
  4. Pastikan LKS 10 menit sebelum posting dan 10 menit setelah posting.  
  5. Selamat mencoba ya, aku gak tahu 4 trik itu bakal berhasil di kalian atau tidak, tapi itu yang aku lakukan sejauh ini kalau nge-up produk baru, dan di aku sejauh ini berhasil.  

 

Bagaimana Caranya Biar Video Tiktok Affiliate FYP Terus?

FYP adalah singkatan dari For Your Page. 

Kalau video yang kita unggah berhasil masuk FYP.

Maka secara otomatis akan membuat video itu cepat dikenal public, serta orang yang ada di video atau si pengunggah video juga akan ikut terkenal. 

Dengan dikenal banyak orang, maka akan menambah follower pada akun TikTok kita. 

Ada banyak versi FYP pada tiap pandangan orang.

Ada yang berpendapat, FYP kalau view akun mencapai minimal 10K dalam waktu 3 jam pertama. 

Kalau udah 10K views, biasanya 6 jam atau 24 jam berikutnya sudah tembus ratusan ribu views. 

Saat terjadi fyp, apa yang sebaiknya kita lakukan?  

Ini yang selama ini aku lakukan sehingga VT ku yang fyp bisa bertahap sebulan lebih dan orderan tetap masuk.  

Yang perlu dilakukan saat VT kita fyp: 

  1. Untuk 3 hari ke depan, jangan posting produk lain dahulu. Fokus pada satu produk yang lagi typ itu.  
  2. Posting satu vt per hari dahulu, dengan memanfaatkan fitur balas komentar, dan produknya sama. 

Misal kita posting hari minggu sore jam 4, ternyata senin pagi itu udah fyp dengan view diatas 100K. 

Nah, senin siang, atau senin sore, kita buat video balas komentar dari komen-komen netizen di video yg fyp itu.  

3. Usahakan balas setiap komentar orangnya. 

Dengan catatan, jangan copy paste balasan komentarnya. 

Harus senatural mungkin, sehingga tidak terdeteksi sebagai spam komen. 

4. Nikmati dulu suasana fypnya. 

Sesekali sambil LKS video orang lain yang lewat beranda kita. Nanti hari selasa, kita buat vt balasan komentar lagi. 

 

Baca Juga

 

Leave a Comment