Jakarta, mataair.or.id – Pembukaan pendaftaran mahasiswa baru politeknik negeri (PN) jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) telah dibuka bersamaan dengan pembukaan pendaftaran SNMPTN pada 4 Februari 2019.

Dilansir dari laman PMDK Politeknik penatia penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Jalur penerimaan PMDK-PN ini diikuti oleh 42 politeknik negeri se-Indonesia. Saat ini, tengah berlangsung proses pengisian data oleh sekolah dan siswa. Proses tersebut berlangsung hingga 6 April 2019.

Lebih lanjut sekolah akan mendapatkan undangan PMDK-Politeknik Negeri (PN) berupa username dan password untuk dapat login ke laman pengisian data, pmdk.politeknik.or.id/sekolah/login. Tampilan menu login pada situs PMDK-PN(Situs PMDK-PN).

Sementara, untuk sekolah yang tidak menerima undangan dapat mendaftarkan ke laman www.pmdk.politeknik.or.id/sekolah/registrasi dengan memasukkan data Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan melengkapi berkas yang ada.

Login

Setelah sekolah berhasil login, maka diwajibkan melengkapi beberapa data seperti biodata sekolah, data jurusan, dan rekomendasi siswa yang akan diikutkan ke dalam sistem PMDK-PN. Apabila berhasil diproses, maka username dan password siswa otomatis di-generate oleh sistem. Dengan demikian, sekolah dapat langsung mencetak dan mendistribusikan username serta password ke masing-masing siswa untuk melakukan pendaftaran.

Hal yang perlu diingat, siswa yang tidak melakukan login selama tujuh hari, maka username dan password akan hangus. Jika ini terjadi, sekolah harus merekomendasikan ulang siswa tersebut.

Setelah login ke laman siswa, selanjutnya siswa dapat mengisi formulir pendaftaran, seperti biodata siswa, data rapor, enam prestasi akademik atau kurikuler terbaik, data keluarga, data ekonomi, pilihan jurusan politeknik, mengisi kode akses pendaftaran (KAP) dan PIN bidik misi, serta siswa melakukan finalisasi.

Dalam hal pemilihan jurusan politeknik, siswa diperbolehkan memilih dua politeknik dan tiga program studi dengan penempatan bebas.

Berkas

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, siswa dapat mencetak formulir pendaftaran dan menyiapkan berkas yang akan dikirimkan ke alamat politeknik pilihan pertamanya. Adapun pengiriman berkas hanya dilakukan bagi politeknik yang memerlukan.

Berkas tersebut seperti:

  1. Cetak bukti pendaftaran
  2. Fotokopi rapor semester satu hingga lima yang telah dilegalisir
  3. Pas foto berwarna berukuran 4×6 sebanyak dua lembar
  4. Fotokopi akte kelahiran atau surat kenal lahir
  5. Fotokopi sertifikat enam prestasi akademik atau kulikuler tebaik yang dibuktikan dengan lampiran sertifikat yang dilegalisir kepala sekolah. Prestasi tersebut dicapai selama menjalani sekolah menengah.
  6. Surat keterangan lain yang disyaratkan oleh politeknik yang dipilih.

Pengiriman berkas ini paling lambat satu minggu setelah siswa melakukan finalisasi cap pos. Setelah itu, siswa yang mengirimkan berkas diwajibkan mengunggah bukti pengiriman berkas ke politeknik yang bersangkutan pada laman finalisasi.

Politeknik yang bersangkutan akan memvalidasi data online dan berkas yang dikirim tersebut. Setelah melakukan proses seleksi nasional. Hasil kelulusan dapat dilihat di situs resmi PMDK-PN 2019 pada 16 April 2019 mendatang.

Categories: News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.