Jakarta, Mataair.or.id – Kesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi negeri jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) kembali dibuka. SNMPTN merupakan salah satu jalur dari beberapa jalur yang ditetapkan Kemenristekdikti selain SBMPTN dan Jalur Mandiri.

Bagi kalian yang sudah mempersiapkan diri mengikuti seleksi SNMPTN 2019 berikut tahapannya.

Pengisian dan Verifikasi

Pengisian dan verifikasi pengisian data sekolah dan siswa kali ini terbagi menjadi empat, yaitu

  1. Pengisian data sekolah dan siswa di PDSS harus melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id. Pengisian ini dilakukan oleh pihak sekolah, yaitu kepala sekolah atau yang ditugasi oleh kepala sekolah terkait.
  2. Kepala sekolah atau yang ditugasi kepala sekolah akan mendapatkan password yang digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  3. Siswa melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh kepala sekolah atau yang ditugasi kepala sekolah dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan password.
  4. Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan kepala sekolah atau yang ditugasi kepala sekolah, maka data yang diisikan tersebut dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verfikasi berakhir.

Pemeringkatan

Pemeringkatan didasarkan pada dua hal, yaitu berdasarkan nilai mata pelajaran dan kuota sekolah berdasarkan akreditasi.

  1. Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan nilai mata pelajaran, seperti berikut:
  • Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  • Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
  • Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
  • SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (teori kejuruan dan praktik kejuruan).
  1. Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik oleh LTMPT, siswa yang memenuhi persyaratan diperbolehkan untuk mendaftar SNMPTN 2019 dengan ketentuan akreditasi sekolah, yakni
  • Akreditasi sekolah A, maka 40 persen terbaik di sekolah tersebut.
  • Akreditasi sekolah B, maka 25 persen terbaik di sekolah tersebut.
  • Akreditasi C dan lainnya, maka 5 persen terbaik di sekolah tersebut.

Pendaftaran SNMPTN

Pendaftaran SNMPTN terbagi menjadi empat langkah, yaitu

  1. Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, login ke laman SNMPTN 2019 menggunakan NISN dan password.
  2. Siswa pendaftar mengisi biodata yang ada, pilihan PTN, dan pilihan program studi. Peserta juga diminta untuk mengunggah pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (apabila ada). Siswa pendaftar diimbau untuk membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihannya.
  3. Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh kepala sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman SNMPTN, snmptn.ac.id .
  4. Siswa pendaftar mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Sebagai tambahan informasi, pendaftaran SNMPTN dilaksanakan selama sepuluh hari, yaitu 4-14 Februari 2019, dan hasil seleksi akan diumumkan pada 23 Maret 2019. (ktm/mataair)

Categories: News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.