Mataair.or.id – Perancis menjadi salah satu kota favorit destinasi wisata dunia karena keindahan kota dan alamnya. Perancis juga dikenal dengan kualitas pendidikan dan keramahan penduduknya yang terbuka kepada pendatang baru.

Tertarik melanjutkan studi S2 dan S3 sambil menikmati liburan di sana?  Mengapa tidak? Pemerintah Perancis melalui Eiffel Excellence Scholarship Program 2020 kembali menawarkan beasiswa bagi mahasiswa internasional, termasuk dari Indonesia untuk melanjutkan kuliah Master dan PhD.

Program ini menerima mahasiswa yang akan melanjutkan ke program Master’s degree, Engineering program, atau Joint-doctoral program. Program studi yang ditawarkan Beasiswa Eiffel meliputi: Hukum, Ekonomi dan Manajemen, Teknik (tingkat S2), Sains dalam lingkup lebih luas (tingkat PhD), serta Ilmu teknik seperti Mathematics, Physics, Chemistry, the Life Sciences, Nano-and Biotechnology, Earth Sciences, Space Sciences, Environmental Sciences, serta Information and Communication Sciences and Technologies.

Cakupan Beasiswa

  1. Para penerima beasiswa dari Pemerintah Perancis yang mendaftar di universitas negeri di Perancis akan dibebaskan biaya perkuliahan.
  2. Tunjangan bulanan sejumlah 1.181 euro (sekitar Rp 18,3 juta) untuk penerima beasiswa master dan 1.400 euro (sekitar Rp 14,7 juta) untuk penerima beasiswa PhD.
  3. Tiket pesawat pergi pulang Indonesia dan Perancis (termasuk tiket kereta api dari/ke lokasi kampus pada awal dan akhir beasiswa).
  4. Penggantian biaya transportasi lokal
  5. Asuransi kesehatan
  6. Bantuan tempat tinggal

Syarat Peserta

  1. Bukan warga negara Perancis.
  2. Berusia maksimal 30 tahun untuk program Master (lahir setelah bulan Maret 1989) atau maksimal 35 tahun untuk pelamar program PhD (lahir setelah bulan maret 1984) pada tahun 2020.
  3. Pengajuan beasiswa tidak diajukan sendiri, tetapi diajukan oleh lembaga perguruan tinggi Perancis yang telah menyetujui aplikasi lamaran perkuliahan.
  4. Beasiswa ditujukan bagi para mahasiswa yang ingin mendaftar program master, sekolah teknik, maupun untuk mahasiswa doktoral yang akan melakukan penelitian di Perancis sebagai bagian dari joint-doctoral program.
  5. Pelamar yang telah mendapatkan beasiswa Pemerintah Perancis dari program beasiswa lain tidak dapat mengikuti Beasiswa Eiffel.
  6. Memenuhi persyaratan kemampuan bahasa dibutuhkan oleh program studi dan universitas di Perancis yang dipilih.

Tahapan pendaftaran

  1. Pendaftaran tidak diajukan sendiri pelamar, tetapi oleh institusi perguruan tinggi di Perancis yang dituju.
  2. Pelamar dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu pada universitas dan prodi yang dipilih.
  3. Ikuti langkah-langkah pendaftaran pada setiap prodi yang ingin dituju.
  4. Setelah diterima dan mendapatkan surat penerimaan, pelamar mengajukan permohonan pada pihak universitas untuk dicalonkan sebagai peserta Beasiswa Eiffel.

Batas waktu pengajuan beasiswa universitas-universitas di Perancis untuk Beasiswa Eiffel pada 9 Januari 2020. Pengumuman hasil seleksi akan dilaksanakan pada 23 Maret 2020.

Syarat lengkap dan infromasi lain dapat dilihat melalui www.campusfrance.org/en/eiffel-scholarship-program-of-excellence.

sumber: www.kompas.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.