Jakarta, Mataair.or.id – Akhirnya Panitia Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi mengumumkan pendaftaran SNMPTN 2019 resmi dibuka pada 4 februari 2019. Pengumuman ini disampaikan secara langsung oleh ketua Panitia Prof. Ravik Karsidi.

Dalam keterangannya Prof. Ravik mengatakan bahwa siswa yang masuk daftar eligeble sudah dapat melakukan pendaftaran SMPTN hari senin 4 februari 2019 mulai pukul 14.00 sampai dengan tanggal 14 februari 2019.

Sebelumna Panitia LTMPT telah mengumumkan siswa yang mendaftar SNMPTN 2019 yang dinatakan eligeble 613.860 orang dengan jumlah sekolah yang eligebel bisa mendaftar sebanyak 14.744 sekolah.

Sedangkan terkait prose pendaftaran dapat dilakukan dengan tata cara sebagai berikut:

  1. Siswa yang memenuhi kriteria pemeringkatan dapat mendaftar dengan menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  2. Siswa yang mendaftar mengiris biodata, pilihan PTN, dan Pilihan program studi, serta mengunggah pas foto resmi terbaru, dan dokumen prestasi.
  3. Membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.
  4. Pada bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti ketrampilan yang telah disahkan oleh kepala sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman snmptn.ac.id
  5. Mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai bukti tanda peserta SNMPTN.

Perlu diketahu bahwa pada 4 februari 2019 panitia LTMPT telah mengumumkan hasil pemeringkatan dan eligibilitas. Hasil pemeringkatan ini dapat diakses pada pukul 08.00-15.00.

Pemeringkatan yang dilakukan berdasarkan nilai mata pelajaran dengan menggunakan sistem.

  1. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  2. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
  3. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
  4. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (teori kejuruan dan praktik kejuruan).

(ktm/mataair)

Categories: News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.