Jakarta, mataair.or.id – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi mengumumkan pendaftaran SNMPTN 2019 akan di buka 4 Februari. Sebelumnya siswa/siswi yang berminat menempuh jalur SNMPTN terlebih dahulu melakukan pengisian dan verifikasi data sekolah dan siswa (PDSS) yang berakhir pada Selasa 29 Januari.

Bagi siswa yang dinyatakan memenuhi syarat dan masuk peringkingan oleh Lembaga Tes Masuk Peguruan Tinggi (LTMPT), dapat mendaftar melalui laman resmi SNMPTN 2019.

Menurut Ketua LTMPT Ravik Karsidi SMPTN tahun 2019 berbeda dengan tahun sebelumnya. Perbedaan hanya pada pemilihan jumlah program studi dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Tahun ini siswa boleh memilih 2 prodi atau dua PTN.

“Dua prodi bisa dalam satu PTN atau bisa dua PTN masing-masing satu pilihan yang satu jalur (untuk yang dari IPS hanya bisa di Soshum dan yang dari IPA hanya boleh Saintek),” terangnya.

Namun perlu diperhatikan bahwa untuk yang jurusan IPS hanya bisa di Soshum dan yang dari IPA hanya boleh Saintek.

Terkait teknis pendaftaran, siswa harus melalui beberapa tahapan diantaranya:

  1. Melakukan Login

Siswa yang mengikuti SNMPTN kali ini dapat mendaftar dengan login menggunakan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan password yang sama ketika melakukan penilaian pada sistem PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa). Apabila baru pertama kali login, maka muncul halaman untuk mengganti password, kemudian silakan mengganti password tersebut. Sebagai tambahan informasi, apabila siswa tidak berhak mengikuti SNMPTN, maka akan muncul halaman pernyataan bahwa Anda tidak dapat mengikuti SNMPTN.

  1. Menyetutui Pernyataan

Siswa menyanggupi pernyataan kesungguhan mendaftar SNMPTN 2019. Halaman ini akan muncul secara otomatis dalam sistem. Nantinya, akan muncul nama siswa, NISN, dan asal sekolah. Kemudian, siswa tinggal klik “Saya Setuju” apabila menyanggupinya. Setelah itu, klik tombol.

  1. Melakukan Pendaftaran

Siswa melakukan pendaftaran dengan memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan program studi yang diinginkan. Setelah itu, peserta mengisi formulir pendaftaran, mengunggah foto, mengunggah bukti prestasi apabila ada, mengunggah portofolio apabila memilih program studi seni dan/atau olahraga.

  1. Finalisasi

Langkah selanjutnya adalah melakukan finalisasi pendaftaran SNMPTN. Finalisasi merupakan hal penting karena apabila tidak dilakukan, maka siswa dianggap tidak mendaftar. Pastikan bahwa data, pemilihan PTN, dan program studi sudah benar. Hal yang perlu diingat, setelah melakukan finalisasi, maka pendaftaran tidak dapat diubah lagi. Centang seluruh kotak konfirmasi, kemudian klik finalisasi pendaftaran.

  1. Mencetak Kartu

Setelah melakukan finalisasi, maka siswa dapat mengunduh dan mencetak kartu tanda peserta dengan mengisikan nomor peserta UN. Video Pilihan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.