News

Perkuat Kurikulum Vokasi Melalui Program Magang Bersertifikat

Jakarta, iyf.or.id – Kementerian BUMN akan melakukan kerjasama dengan civitas akademika vokasi melalui program magang bersertifikat. Program ini diharapkan dapat mendorong perbaikan kurikulum pendidikan vokasi agar sesuai dengan tuntutan dunia industri yang semakin kompetitif.

Hal ini disampaikan Menteri BUMN Rini Sumarno, kamis (28/6), di Universitas Indonesia. Dikutip dari sindonews.com, dalam orasi ilmiahnya Rini mengatakan bahwa program magang bersertifikat di perusahaan BUMN bertujuan memperkuat kualitas kurikulum pendidikan vokasi.

Mahasiswa yang magang akan banyak memberikan input ke civitas akademika. Informasi ini akan sangat berguna bagi civitas akademika untuk menyempurkan kurikulum pendidikan. Nantinya kurikulum yang disusun akan sesuai kebutuhan langsung industri.

“Selama ini, masih banyak kelemahan kurikulum pendidikan vokasi. Dengan adanya program magang bersertifikat ini, civitas akademika dapat memperkuat kurikulum pendidikan vokasi agar mahasiswa vokasi dapat berdaya saing,” tutur Rini.

Program magang bersertifikat akan membuka lebar peluang kerjasama perusahaan-perusahaan BUMN dengan civitas akademika vokasi. Keduanya akan menitik beratkan pada konsentrasi jurusan masing-masing mahasiswa vokasi. Ini agar mahasiswa vokasi secara skill benar-benar terasa dan menghasilkan SDM yang benar-benar dibutuhkan dunia industri.

Peluang penerapan program magang bersertifikat tidak terbatas di wilayah Jabodetabek tapi mencakup seluruh Indonesia. Lembaga-lembaga pendidikan vokasi yang ada di seluruh Indonesia akan di dorong melakukan kerjasama dengan perusahaan BUMN yang ada di daerah. (IYF)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.