News

BPUN Pati, Optimis Bisa!

Bimbingan Pasca Ujian Nasional (BPUN) merupakan bimbingan intensif selama hampir satu bulan untuk mengantarkan siswa-siswi yang kurang mampu untuk bisa menembus atau masuk di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan diutamakan dengan memperoleh beasiswa Bidikmisi, khususnya untuk wilayah Pati. Menurut M. Zaenal Aripin Mustofa, manager kota BPUN Pati, BPUN Pati sudah dimulai sejak tahun 2011 dengan total hampir 600 alumni yang tersebar baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia, dan setiap tahunnya mampu mengantarkan sedikitnya 60 siswa peserta masuk ke PTN. “Berbicara tentang BPUN Pati itu mengingatkan akan 3 hal, yaitu kekeluargaan, kepemimpinan, dan persahabatan yang ramah.” ujarnya.

SMK Bani Muslim Pati menjadi saksi diadakannya ujian tulis perekrutan anggota baru dari BPUN Pati tahun 2018 ini. Sekitar 115 peserta jalur tulis memadati halaman sekolah sejak pukul 07.00 WIB, (18/3/2018). Acara dimulai dari jam 08.00 dan selesai jam 12.30 WIB. Siswa diberikan soal Tes Potensi Akademik (TPA) setelah itu jeda istirahat dan selanjutnya siswa akan diberikan soal Tes Kemampuan Dasar (TKD) sesuai dengan bidang masing-masing, ada yang dari sosial, maupun saintek. Panitia pelaksanaan tes tulis sendiri adalah para alumni BPUN Pati yang tergabung dalam MAS BPUN Pati dan dibantu oleh rekan IPNU dan Sahabat dari PMII Kabupaten Pati.

Semua peserta yang mengikuti jalur tulis ini merupakan siswa-siswi dari berbagai sekolah maupun madrasah diseluruh Kabupaten Pati, selain siswa asli Pati juga terdapat siswa dari luar Pati, SMA Kudus, Rembang, Blora, sampai Gresik pun ada yang ikut jalur tulis BPUN Pati. Selain jalur tulis, BPUN Pati juga menggelar jalur prestasi dan rapot untuk perekrutan anggota barunya. Terbukti dengan diadakannya jalur prestasi dan rapot dibulan-bulan sebelumnya, yaitu sekitar 15 siswa mengikuti jalur prestasi, 63 siswa jalur rapot, dan 115 siswa mengikuti jalur tulis. Dengan rincian masing-masing kuota jalur prestasi 20%, jalur rapot 30%, dan 50% untuk jalur tulis, jadi peluang lolos untuk yang jalur tulis lebih besar dari jalur lainnya.

Matsna, salah satu peserta jalur tulis mengungkapkan bahwa dirinya senang bisa mengikuti jalur tulis BPUN, karena selain memotivasi dirinya untuk lebih giat belajar, juga dia ingin bisa masuk BPUN agar menambah teman dan keluarga baru. “Saya senang bisa ikut tes tulis ini, karena saya sadar belum memiliki prestasi dan nilai rapot yang bagus untuk masuk BPUN Pati, saya bela-belain sendirian dari rumah dan pagi-pagi datang kesini agar tidak ketinggalan mengikuti tesnya.” imbuhnya. Pelaksanaan BPUN sendiri akan dimulai sejak tanggal 12 April sampai 5 Mei 2018 dengan kurang lebih sekitar 70-80 peserta.

Manfaat mengikuti BPUN sangat banyak, selain belajar intensif dengan tentor profesional, peserta juga akan mendapat keluarga baru yang tentunya berbeda latar belakang dan asal sekolahnya, selain itu peserta akan mendapatkan latihan try out SBMPTN setiap minggunya dan outbond untuk refreshing. Tidak ketinggalan juga, peserta akan diantarkan dilokasi tes SBMPTN dimasing-masing wilayah yang dipilihnya.“Harapan saya di BPUN 2018 ini banyak peserta yang lolos PTN dengan beasiswa Bidikmisi, peserta mendapat bimbingan mental maupun spiritual dengan baik dan kekeluargaan yang ramah tentunya, BPUN Pati, optimis bisa!.” tutup Aripin.

Leave a Reply