Jakarta, Mataair.or.id – Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional 2019 Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merilis kisi-kisi soal ujian. Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan BSNP Nomor Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi UN dan Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi USBN.

Menurut Bambang Suryadi Ketua BSNP, dilansir dari laman BSNP mengatakan bahwa kebijakan USBN dan UN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN dan UN tahun 2018. Perbedaan ada pada jumlah peserta dan jadwal ujian.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan bahwa fungsi Kisi-kisi tersebut adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian, baik soal USBN maupun soal UN. Kisi-kisi disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

“Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen untuk USBN, sedangkan untuk soal UN, 100 persen disiapkan oleh Pusat”, ucapnya seraya menambahkan penerapan soal yang berorientasi pada penalaran atau Higher Order Thinking Skills (HOTS), ujarnya.

Terkait kisi-kisi soal ujian para guru dan siswa dapat mengunduhnya di laman:

https://s.id/Kisi-kisi-USBN-2019 

https://s.id/Kisi-kisi-UN-2019 

 

Dengan dirilisnya kisi-kisi soal ujian tersebut diharapkan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran untuk persiapan ujian. (ktm/mataair)

Categories: News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.