Jakarta, Mataair.or.id – Kementerian agama kembali membuka peluang beasiswa bagi para putra-putri terbaik bangsa melalui Program Magister Lanjut Doktor (PMLD). Ini merupakan bagian dari usaha kemenag dalam mewujudkan program 5.000 doktor.

PMLD sendiri dibuka mulai dari tanggal 3-15 Desember 2018. Sasarannya sarjana baru alumni S-1 PTKI (Perguruan Tinggi Agama Islam) yang belum menjadi dosen. Mereka yang nantinya mendapatkan beasiswa ini akan menempuh pendidikan Magister (S2) akan langsung melanjutkan ke program doctor (S3).

Pendidikan akan dilaksanakan selama 4,5 tahun dengan rincian 1,5 tahun untuk jenjang magister dan 3 tahun untuk jenjang Doktor. Lulusan program ini akan mendapatkan dua ijazah sekaligus, yaitu ijazah magister dan doktor.

Cakupan Beasiswa

Selama mengikuti pendidikan, peserta mendapatkan beasiswa dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI, yang meliputi:

  1. Biaya pendidikan: pendaftaran, perkuliahan, pengembangan akademik, hingga biaya ujian-ujian.
  2. Biaya hidup: kebutuhan harian, bantuan tempat tinggal, bantuan sumber belajar, bantuan penelitian, dan bantuan biaya publikasi ilmiah.

Syarat Beasiswa 

Calon peserta harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Lulusan sarjana dari PTKI (dalam atau luar negeri)
  2. Belum berusia 25 tahun pada tanggal 1 Desember 2018
  3. Tidak sedang dalam status menikah
  4. Mendapatkan izin dari atasan bagi yang bekerja atau izin dari orang tua bagi perempuan
  5. Sehat jasmani, rohani, dan sanggup menyelesaikan studi sampai tuntas dan tepat waktu
  6. Memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) jenjang sarjana paling rendah 3.5 pada skala 4
  7. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan/atau Arab baik
  8. Menyerahkan proposal penelitian tesis
  9. Mengikuti seleksi

Tahapan Beasiswa

  1. Mengajukan permohonan kepada Direktur Jenderal Pendidikan Islam, u.p. Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, dengan melampirkan persyaratan sebagai berikut:
    • Salinan ijazah sarjana (S-1) dari program studi terakreditasi minimal B yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
    • Salinan transkip nilai dengan IPK minimal 3.5 pada skala 4.
    • Pas foto berwarna ukuran 3×4 dan 2×3 masing-masing 2 lembar.
    • Salinan KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku.
    • Daftar riwayat hidup termasuk daftar publikasi karya ilmiah.
    • Surat Pernyataan kesanggupan mengikuti program sampai selesai (4,5 tahun plus 2 bulan persiapan) di atas meterai.
    • Sertifikat kemampuan bahasa Inggris (TOEFL skor minimal 450 atau IELTS dengan skor minimal 5.0). dan /atau sertifikat kemampuan bahasa Arab (TOAFL dengan skor minimal 430 ) yang masih berlaku. Proposal Tesis minimal 10 halaman, font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1,5 dan kertas A4.
  2. Mengunggah Surat Permohonan dan seluruh dokumen yang dipersyaratkan secara online melalui web (laman) salah satu dari dua perguruan tinggi mitra, yaitu Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta atau UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dokumen berbentuk file dalam format pdf dengan kapasitas 600 kb untuk setiap dokumen.
  3. Bagi yang lulus seleksi administrasi harus mengikuti seleksi masuk baik ujian tulis maupun wawancara pada tanggal dan tempat yang telah ditetapkan.
  4. Calon yang dinyatakan lulus seleksi masuk harus melakukan pendaftaran ulang di kampus penyelenggara pada waktu yang ditetapkan.

Pendaftaran Beasiswa

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman perguruan tinggi penyelenggara, yaitu Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta atau Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mulai tanggal 3 sampai dengan 15 Desember 2018.

Pendaftaran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: https://www.uinjkt.ac.id/

Pandaftaran UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: http://uin-suka.ac.id/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.