Jakarta, mataair.or.id – Nama LPDP pasti tidak asing lagi di benak para pelajar Indonesia. Sudah hampir puluhan ribu pelajar Indonesia yang telah mendapatkan beasiswa dari LPDP baik untuk belajar di dalam negeri maupun di luar negeri.

Lembaga LPDP sendiri khusus dibentuk untuk mengelola dana abadi pendidikan, dan hasil pengelolaannya disalurkan dalam bentuk berbagai program pendidikan, salah satunya beasiswa pendidikan.

Kali ini LPDP berkolaborasi dengan Kementerian Agama membuka peluang beasiswa bagi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan yang aktif di pondok pesatren. Jangka waktu beasiswa minimal 3 tahun.

Dalam acara peluncuran yang dihadiri langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada bulan November, kedua kementerian ini sepakat untuk tahap awal akan menyasar 100 santri terbaik.

Program beasisswa LPDP mensyratkan IPK Minimal (pada pendidikan sebelumnya) untuk jenjang Magister 2,75, memiliki Letter Of Acception/surat pernyataan telah diterima di perguruan tinggi serta kemampuan bahasa Inggris di atas rata-rata.

Sementara untuk program Doktoral ada LoA 3.00 dan tanpa LoA dengan IPK 3.25 dengan usia minimal saat pendaftaran Magister 42 tahun dan Doktor maksimal 47 tahun.

Ada tiga kriteria yang disyaratkan bagi yang ingin mengikuti program ini:

  1. Aktif sebagai peserta didik, pendidik/tenaga kependidikan di Pondok Pesantren minimal 3 (tiga) tahun terahir.
  2. Alumni Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) yang saat mendaftar aktif dalam pengembangan Pondok Pesantren minimal 3 (tiga) tahun terakhir.
  3. Berasal dari pondok pesantren terdaftar dalam list Kemenag.

Sedangkan untuk lingkup studi yang di fokuskan pada:

  1. Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Pesantren yaitu; manajemen, kesehatan lingkungan, ekonomi syariah, pertanian, ilmu sosial dan politik, seni dan budaya, astronomi dan hukum.
  2. Keilmuan Pesantren yaitu: ilmu falak, syariah, perbandingan mahzab, ilmu maqulaat, arudh, tahqiq, ulumul quran dan ulumul hadits dan bidang ketiga yaitu Ilmu prioritas LPDP.

Bagi kalian yang nantinya mendapatkan beasiswa ini, kalian akan mendapatkan beberapa fasilitas:

  1. biaya hidup
  2. Transportasi keberangkatan dan kepulangan domisili asal ke perguruan tinggi tujuan.
  3. Biaya pendidikan dan biaya pendukung visa termasuk paspor.
  4. Tunjangan keluarga untuk Doktoral.
  5. Asuransi kesehatan dan fasilitas lainnya.

Bagi kalian yang tertarik mengikuti beasiswa silakan mendaftar secara online melalui www.lpdp.kemenkeu.go.id.

Periode pendaftaran program beasiswa santri LPDP 2018 dibuka mulai 15 November sampai 31 Desember 2018 dengan mengikuti tiga tahapan seleksi yaitu, seleksi administrasi, seleksi berbasis komputer dan seleksi substansi. (ktm/mataair)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.