9 Trik Cerdas Memilih Furniture Outdoor Agar Anda Tidak Kecewa

Ghozali

Cara Memilih Furniture Outdoor

Apakah Anda sedang merencanakan untuk memiliki area khusus di ruang terbuka? Maka opsinya adalah menaruh furnitue outdoor  di area terbuka tersebut. Pada artikel, anda akan dipandu bagaimana memilih furniture outdoor yang tepat.

Cara Memilih Furniture Outdoor

Gagasan ini memang menarik dan bisa memberikan nilai tambah bagi rumah atau tempat tinggal Anda.

Namun, sebelum memulai proyek tersebut, Anda perlu melakukan beberapa tahapan yang penting.

Salah satunya adalah menentukan desain yang sesuai serta memilih furniture outdoor atau perabotan yang tepat untuk area terbuka tersebut.

Untuk menentukan desain yang tepat, Anda bisa mempercayakan hal tersebut kepada para profesional yang ahli di bidangnya.

Mereka dapat membantu Anda untuk mengembangkan ide dan membuat desain yang kreatif dan sesuai dengan kebutuhan serta selera Anda.

Hasilnya, Anda akan memiliki area terbuka yang fungsional dan juga menarik dari segi estetika.

Sementara itu, untuk memilih furniture outdoor yang cocok, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ahli atau pihak yang berpengalaman dalam bidang tersebut.

Dengan mengajukan pertanyaan dan meminta rekomendasi, Anda akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan terperinci tentang jenis furniture outdoor yang tepat untuk area terbuka Anda.

Selain itu, terdapat beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih perabot untuk ruang terbuka.

 

  1. Perhatikan Cuaca ekstrim Luar Ruangan

Di negara kita, kita mengalami dua musim yang berbeda serta masa-masa transisi yang mungkin bisa membingungkan.

Pagi yang cerah dan ceria dapat berubah menjadi hujan deras pada sore atau malam hari, begitu juga sebaliknya.

Hal ini menandakan bahwa temperatur udara dapat berubah secara drastis dan tak terduga.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mempertimbangkan faktor cuaca saat memilih outdoor furniture atau perabotan area terbuka.

Memilih outdoor furniture yang tepat berdasarkan aspek cuaca sangat penting, karena furniture tersebut akan terpapar langsung oleh elemen cuaca seperti sinar matahari, hujan, angin, serta perubahan suhu.

Hal ini bisa mempengaruhi keawetan dan kualitas dari furniture tersebut.

Sebagai contoh, jika kita memilih furniture yang tidak tahan terhadap air atau suhu yang tinggi, maka ketika terkena hujan atau sinar matahari secara langsung, furniture tersebut dapat rusak dan cepat aus.

Oleh karena itu, saat memilih outdoor furniture, sebaiknya kita mempertimbangkan material dari furniture tersebut. Beberapa material seperti aluminium, rotan sintetis, serta stainless steel dapat bertahan dalam kondisi cuaca yang berubah-ubah. Selain itu, kita juga harus memperhatikan kualitas dari bahan tersebut, apakah tahan lama atau tidak.

Selain memilih material yang tepat, ukuran dan bentuk dari furniture juga perlu dipertimbangkan.

Ukuran yang tepat dan proporsional dengan area terbuka yang kita miliki akan memberikan kesan yang lebih harmonis dan estetis.

 

  1. Furniture Outdoor Harus Ada Proteksi Ekstra

Proteksi menjadi hal yang sangat penting dalam mempertahankan kualitas dari outdoor furniture.

Proteksi ini dapat memberikan perlindungan ekstra bagi furniture outdoor Anda, terutama saat tidak sedang digunakan.

Anda bisa menutup rapat-rapat furniture outdoor agar terlindungi dari elemen cuaca seperti hujan, sinar matahari, serta debu.

Dengan memberikan perlindungan ini, maka keawetan dan kualitas dari furniture outdoor Anda dapat bertahan lebih lama.

Salah satu cara yang efektif untuk memberikan proteksi pada furniture outdoor adalah dengan menggunakan selimut pelindung.

Selimut ini akan melindungi furniture dari segala cuaca yang tidak diinginkan seperti hujan, debu, dan sinar matahari.

Anda dapat mencarinya di dealer perkakas terdekat. Jika tidak ada yang cocok, Anda juga dapat mencari seorang profesional untuk membuatkan penutup custom untuk furniture outdoor Anda.

Investasi ini tak akan membuat Anda menyesal, karena dapat membantu mempertahankan keawetan dan kualitas dari furniture outdoor Anda.

Selain memberikan proteksi pada furniture outdoor dengan penutup, perlu juga untuk merawat furniture secara rutin.

Bersihkan furniture secara teratur dengan lap kain lembut, dan jangan biarkan furniture outdoor Anda terkena terlalu banyak debu.

Ini akan membantu mempertahankan keindahan dan kebersihan dari furniture Anda.

Dengan merawat dan memberikan proteksi pada furniture outdoor secara rutin, maka furniture tersebut dapat bertahan lama dan memberikan kenyamanan dan keindahan pada ruang terbuka Anda.

 

  1. Rajin-rajinlah Bersihkan Furniture Outdoor

Menjaga kebersihan dan kualitas dari furniture outdoor memerlukan perawatan yang rutin dan teratur.

Tak peduli jenis outdoor furniture yang Anda miliki, satu hal yang pasti adalah, Anda harus sering membersihkan dan merawatnya.

Untuk merawat furniture outdoor, Anda cukup mempersiapkan waktu luang, kain lembut, cairan pembersih, serta perkakas kebersihan seperlunya.

Pada musim kemarau, Anda dapat membersihkan dan merawat furniture outdoor setidaknya sekali dalam 2-4 minggu, tergantung pada seberapa sering area terbuka tersebut digunakan.

Namun, pada musim hujan, perawatan harus dilakukan lebih sering untuk menjaga kebersihan dan kualitas furniture outdoor.

Hal ini penting untuk mencegah kerusakan akibat kelembaban, jamur, atau korosi pada bagian-bagian logam dari furniture outdoor.

 

  1. Pastikan Material Furniture Oudoor Tahan Air

Pemilihan furniture outdoor yang tepat sangat penting untuk memastikan keawetan dan fungsionalitas dari perabotan tersebut.

Jangan pernah memilih perabotan yang tidak dirancang khusus untuk penggunaan luar ruangan, karena hal itu dapat berdampak buruk pada kualitas dan keawetan furniture.

Pastikan perabotan yang Anda pilih tidak hanya memiliki tampilan yang menarik, tetapi juga terbuat dari material yang tahan terhadap air dan kelembapan.

Terdapat beberapa jenis material yang sering digunakan dalam pembuatan furniture outdoor.

Oleh karena itu, pastikan Anda memilih material yang cocok dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan di sekitar area terbuka.

Dengan pemilihan material yang tepat, Anda dapat memastikan keawetan dan kualitas dari furniture outdoor Anda, sehingga Anda dapat menikmati area terbuka Anda dengan nyaman dan aman.

Baca juga: 12 Trik Memilih Karpet Lantai Ruang Tamu Dan Kisaran Harganya

 

  1. Kualitas Nomor 1, Harga Nomor Sekian

Kualitas merupakan faktor utama dalam menentukan daya tahan, desain, serta jenis material yang digunakan dalam pembuatan furniture outdoor.

Jika Anda menginginkan furniture outdoor yang memiliki kualitas terbaik, Anda mungkin perlu berinvestasi lebih banyak.

Meskipun harganya mungkin lebih mahal, tetapi investasi tersebut akan membantu menghemat pengeluaran jangka panjang, karena furniture tersebut akan lebih tahan lama dan membutuhkan sedikit perawatan.

Penting untuk tidak hanya mempertimbangkan harga, tetapi juga kualitas ketika membeli furniture outdoor.

Dengan memilih furniture outdoor yang berkualitas, Anda dapat memastikan bahwa perabotan tersebut akan bertahan lama dan membutuhkan sedikit perawatan, sehingga Anda dapat menikmati area terbuka Anda dengan nyaman dan aman selama bertahun-tahun.

Cara Memilih Furniture Outdoor

  1. Tak Hanya Berkualitas, Furniture Outdoor Juga Harus Praktis

Ketika memilih furniture outdoor, tidak hanya penting untuk mempertimbangkan kualitas dan tahan lama, tetapi juga perlu memperhatikan model yang praktis.

Pilihlah furniture outdoor yang memiliki desain dan fungsi yang praktis, sehingga mudah disimpan dan diatur.

Anda dapat memilih furniture outdoor yang dapat dilipat atau yang dapat digabungkan, sehingga mudah disimpan saat tidak digunakan.

Model furniture outdoor yang praktis akan sangat membantu dalam penggunaannya sehari-hari, terutama jika Anda memiliki ruang terbatas atau ingin menyimpan perabotan outdoor saat tidak digunakan.

Pilihlah model yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda, sehingga Anda dapat menikmati ruang terbuka Anda dengan nyaman dan praktis.

 

  1. Pilih yang Fleksibel

Ketika memilih furniture outdoor, penting untuk mempertimbangkan fleksibilitasnya.

Pilihlah perabot yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan atau acara di luar ruangan, seperti makan siang atau bersantai.

Fleksibilitas dalam furniture outdoor juga memungkinkan Anda untuk mengubah tata letak perabotan sesuai dengan kebutuhan dan suasana hati.

Perabot yang fleksibel juga akan sangat membantu dalam menghemat ruang.

Anda dapat memilih furniture outdoor yang dapat dilipat, diubah bentuk atau ukurannya, atau digabungkan dengan perabot lainnya.

Hal ini akan sangat membantu jika Anda memiliki ruang terbatas atau ingin menyimpan perabot outdoor dengan efisien.

Dengan memilih perabot yang fleksibel, Anda dapat menciptakan suasana yang nyaman dan berbeda setiap kali menggunakan furniture outdoor.

Cara Memilih Furniture Outdoor

  1. Pertimbangkan Memasang Atap Untuk Furniture Outdoor

Ketika merancang area terbuka, pertimbangkan apakah perlu dipasang atap atau tidak. Atap bisa memberikan perlindungan dari sinar matahari yang terik atau hujan lebat.

Selain itu, atap juga bisa membuat area terbuka terlihat lebih menarik dan terasa lebih sejuk. Anda bisa memilih berbagai jenis atap, seperti atap terbuka, atap berbahan kain, atau atap berbahan logam.

Namun, jika Anda memutuskan untuk tidak memasang atap, pastikan bahwa perabot luar ruangan yang dipilih memiliki ketahanan yang cukup untuk menahan segala jenis cuaca.

Perabot yang terbuat dari bahan kayu, rotan atau besi mungkin kurang tahan terhadap kondisi cuaca yang ekstrem dan perlu dilindungi secara ekstra.

 

  1. Sesuaikan Furniture Outdoor dengan Konsep Hunian Anda

Menyesuaikan konsep hunian dengan furniture outdoor dengan desain interior rumah, merupakan hal yang penting untuk memperoleh tampilan yang serasi dan harmonis.

Pemilihan model, bentuk, warna, dan bahan material yang digunakan haruslah sesuai dengan tema arsitektur dan gaya dekorasi yang diusung.

Jika Anda memiliki hunian bergaya minimalis, maka pilihlah furniture outdoor dengan desain yang simpel, elegan, dan tidak terlalu mencolok.

Namun, jika Anda mengusung tema hunian yang bernuansa alami, pilihlah furniture outdoor yang terbuat dari material alami seperti kayu dan rotan.

Selain itu, pilihlah warna netral atau warna alami seperti coklat atau putih agar tidak merusak kesan natural yang ingin dihadirkan.

Perpaduan warna yang tepat pada furniture outdoor dapat menciptakan suasana yang lebih hidup dan menyegarkan bagi ruang terbuka Anda.

 

 

Baca Juga

 

Leave a Comment