Studeren in Nederland  atau studi di Belanda adalah program beasiswa bertujuan membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Belanda dengan Indonesiayang memberikan prioritas pada bidang-bidang berikut:

  1. Perdagangan Internasional, Keuangan dan Ekonomi (International Trade, Finance and Economics).
  2. Transportasi, Logistik dan Infrastruktur (Transport, Logistics and Infrastructure).
  3. Keamanan dan Penegakan Hukum (Security and Rule of Law).
  4. Agro-Pangan dan Hortikultura (Agro-Food and Horticulture).

Beasiswa Short Course

Penerima beasiswa dapat mengikuti program master course atau short course yang diselenggarakan dalam bahasa Inggris (program studi internasional) oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda.

Kali ini STuNed menawarkan beasiswa Program Short Course meliputi kursus-kursus spesialis bertaraf internasional dengan waktu penyelenggaraan 2 – 12 minggu dan diakhiri dengan pemberian sertifikat atau diploma dari institusi pendidikan tinggi Belanda.

Short course diperuntukkan bagi para professional madya yang berkeinginan memperbarui ilmu yang telah dimiliki sehingga dapat memberikan konstribusi yang lebih berdampak bagi institusi atau organisasi tempat ia bekerja.

Cakupan Beasiswa

Beasiswa Program Short Course diberikan meliputi:

  1. Biaya pendidikan kursus
  2. Biaya hidup selama mengikuit short course
  3. Biaya perjalanan lokal dan internasional
  4. Biaya lain yang dibutuhkan dalam mendukung studi.

Persyaratan

  1. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan fotokopi KTP atau paspor.
  2. Diterima di salah satu program short course yang diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi Belanda dibuktikan dengan: Surat Penerimaan (letter of acceptance / admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi serta total biaya perkuliahan.
  3. Pendidikan minimal S1/D4 dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 2,75) dibuktikan dengan transkrip dan ijazah dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum didalamnya.
  4. Pengalaman kerja setelah lulus S1, minimal 2 tahun di institusi terakhir, dibuktikan dengan fotokopi Surat Keputusan pengangkatan pegawai (SK) atau kontrak kerja.
  5. Persetujuan dari institusi  dibuktikan dengan pernyataan resmi dari pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa diizinkan studi di Belanda. Pernyataan ini dituliskan di formulir StuNed.
  6. Pernyataan bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa yang dituliskan di formulir StuNed.
  7. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris baik dibuktikan dengan hasil Internet Based Test (IBT) TOEFL dengan skor minimal 68, atau IELTS minimal 5.5. Masa berlaku hasil tes TOEFL/IELTS maksimal 2 tahun sejak tanggal tes.
  8. Pelamar menyelesaikan studi di negara berbahasa Inggris atau lulus dari program internasional dibebaskan dari nilai TOEFL atau IELTS, selama lulus maksimum 2 tahun sebelum batas akhir pendaftaran beasiswa StuNed.

Proses Pendaftaran

Proses pendaftaran dapat dilakukan secara daring melalui tautan: http://stuned.nesoindonesia.or.id/  dengan melakukan pendaftaran/membuat akun, mengisi formulir serta mengunggah kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Batas waktu pendaftaran tanggal 27 Januari 2019 untuk jadwal studi mulai bulan April sampai dengan Desember 2019.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.