Jakarta, Kuliah di luar negeri merupakan impian bagi sebagian besar pelajar Indonesia. Namun, impian tersebut terkadang menumi banyak kendala padahal kesempatan tersebut banyak sekali. Selain syarat administrasi yang ketat, penguasaan Bahasa menjadi hal yang wajib.

salah satu yang memberikan kesempatan ke luar negeri adalah University of Copenhagen (UCPH). UCPH menawarkan beasiswa S2. Program ini digagas oleh Pemerintah Denmark. Mereka yang menjadi prioritas adalah siswa dari negara non-UE (Uni Eropa, termasuk Indonesia) yang memiliki prestasi akademik cemerlang.

Universitas akan memberikan beasiswa hanya berdasarkan prestasi akademik sehingga syarat finansial tidak menjadi pertimbangan utama. Beberapa program S2 yang ditawarkan meliputi:

  1. Fakultas Ilmu Sosial
  2. Fakultas Ilmu Budaya
  3. Fakultas Ilmu Kesehatan dan Kedokteran
  4. Fakultas Ilmu Sains
  5. Fakultas Teologi

Cakupan beasiswa Beasiswa Pemerintah Denmark ini diberikan mulai dari keringanan atau pembebasan biaya kuliah atau dan/atau sejumlah tunjangan yang mencakup biaya hidup dasar.

Adapun syarat pendaftaran sebagai berikut:

  1. Di luar warga negara UE/AEE (Area Ekonomi Eropa) atau Swiss.
  2. Diterima salah satu program magister University of Copenhagen.
  3. Mendapat izin tinggal terbatas untuk tujuan studi program pendidikan tinggi di Denmark.

Tahapan penerimaan

  1. Calon peserta mendaftar salah satu program magister UCPH.
  2. Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman resmi https://studies.ku.dk/masters/programmes/
  3. Peserta warga negara non-UE otomatis akan diikutsertakan dalam program beasiswa.
  4. Pendaftaran dilakukan paling lambat 1 September 2019.
  5. UCPH akan menghubungi peserta yang dicalonkan melalui email yang tercantum dalam aplikasi. Para calon harus memberikan jawaban menolak atau menerima beasiswa.
  6. Calon penerima beasiswa yang dalam batas waktu yang ditentukan dalam email tidak memberikan kabar maka tawaran beasiswa akan dicabut, dan beasiswa akan ditawarkan kepada pelamar lain.

Informasi lengkap untuk pendaftaran program, gambaran biaya kuliah atau biaya hidup, biaya pendaftaran dan lainnya dapat di akses melalui: https://studies.ku.dk/masters/tuition-fees–scholarships/scholarships–loans-at-ucph/danish-government-scholarships/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.