Jakarta, mataair.or.id – NU Care merupakan bagian dari rebranding pintu masuk agar masyarakat global mengenal Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU). Untuk memaksimalkan program ini NU Care melalui pendidikan membuat “Program Cahaya Pintar” dalam rangka membantu kesejahteraan umat dengan memberikan beasiswa Diploma III/IV, program S1 dan S2.

Status Mahasiswa

Calon penerima adalah mahasiswa yang kuliah pada perguruan tinggi dalam negeri yang telah terakreditasi BAN-PT, baik yang berada di bawah naungan Kementerian Ristek dan Dikti RI maupun Kementerian Agama RI. Calon penerima adalah mahasiswa yang masih aktif, dalam jenjang pendidikan Diploma III, Diploma IV, Strata Satu (S1) dan Strata Dua (S2).

Masa Waktu Beasiswa

Beasiswa ini diberikan kepada para mahasiswa dengan durasi maksimal 6 semester untuk Diploma III, 8 semester untuk Diploma IV dan S1, serta 4 semester untuk S2.

Kuota Mahasiswa

Kuota calon penerima beasiswa adalah sebanyak 50 mahasiswa yang tersebar di perguruan tinggi yang ada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Ketentuan beasiswa Ketentuan yang dibutuhkan untuk memperoleh Beasiswa Cahaya Pintar NU Care 2018 yakni calon penerima harus memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus sebagi berikut.

Ketentuan Umum

  1. Beasiswa Cahaya Pintar NU Care 2018 diberikan kepada mahasiswa jenjang S1/Diploma IV serendah-rendahnya pada semester I dan setinggi-tingginya pada semester VII. Baca juga: Bersiap, Pendaftaran Beasiswa PMLD Kemenag Akan Dibuka Besok
  2. Jenjang Diploma III, serendah-rendahnya pada semester I dan setinggi-tingginya pada semester V.
  3. Jenjang S2, serendah-rendahnya pada semester I dan setinggi-tingginya pada semester III.
  4. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 dari skala 4,00.
  5. Membuat essay dengan tema “NU yang Saya Tahu” sekurang-kurangnya 5.000 karakter.
  6. Mahasiswa yang memenuhi persyaratan tersebut di atas, harus mengajukan permohonan tertulis kepada NU Care dengan melampirkan berkas sebagai berikut:
  • Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)/ KTP, Melampirkan profil singkat calon penerima yang sedikitnya memuat tentang: Nama, Tempat tanggal lahir, Alamat, Nomor Kontak, Riwayat Pendidikan (dari SD sampai terakhir), Riwayat Pendidikan Pesantren dan Daftar Prestasi.
  • Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa/bantuan biaya pendidikan lainnya (bermaterai Rp. 6000).
  • Fotokopi kartu keluarga.
  • Foto diri ukuran 4×6 terbaru.

Ketentuan Khusus

  1. Bagi mahasiswa berprestasi, melampirkan fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya (ko-kurikuler dan/atau ekstra kulikuler) pada tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional, maupun Internasional.
  2. Bagi mahasiswa yang tidak mampu, wajib melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu dari pemerintah desa/ kelurahan.
  3. Lulus ujian Baca Tulis Al-Qur’an dan Praktik Pengamalan Ibadah (BTA-PPI).

Tahapan Seleksi

  1. Penerimaan berkas Pendaftaran di https://bit.ly/2PZHISx  atau nucare.id paling lambat 12 Desember 2018. Berkas yang tidak lengkap tidak akan disertakan dalam proses seleksi.
  2. Seleksi Seleksi administrasi: 13-14 Desember 2018 Tes Tertulis: 15 Desember 2018 Tes Wawancara: 19-20 Desember 2018 .

Pengumuman

Pengumuman selambat-lambatnya akan dilaksanakan tanggal 28 Desember 2018 melalui website dan media sosial resmi NU Care LAZISNU serta melalui telepon langsung pihak panitia. NU Care-LAZISNU tidak melakukan pungutan biaya untuk seluruh tahapan kegiatan ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.