Sinergi Institusi Pendidikan, Universitas Mercubuana – MataAir Teken MoU Kerjasama Penguatan Pendidikan Vokasi Lewat Social Awareness

Posted on Posted in Terbaru

Jakarta 12/04/2017, Tantangan industri yang semakin komplek dan dinamis menjadi motivasi Fakultas Komunikasi Universitas Mercubuana (Fikom UMB) agar melahirkan lulusan yang handal dan kompetitif. Hal ini penting bagi Fikom UMB melihat kebutuhan industri saat ini. Namun menurut Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UMB, Dr. Agustina Zubair, M.Si, mengatakan berkeinginan lebih agar mahasiswanya  tidak hanya mampu menjawab kebutuhan industri melainkan dapat memiliki kepekaan terhadap problem sosial (social awareness). Hal itu diimplementasikan dalam program Praktik Kerja Lapangan (Magang)  Bakti Untuk Negeri.  

“Kami berharap mahasiswa dapat meningkatkan social awareness. Sehingga dapat menjadi bekal sekaligus nilai tambah  ketika benar-benar terjun di dunia industri” tuturnya.

Dirinya juga menambahkan untuk memenuhi hal tersebut perlu adanya partner yang sesuai yang memang bergerak di social service. Setelah melakukan uji coba dua kali dengan MataAir Foundation, keduanya sepakat untuk bekerja sama dalam pengembangan pendidikan vokasi dan soft skill bagi mahasiswa UMB. Nota kesepakatan tersebut dituangkan dalam MoU yang ditandatangani kedua belah pihak.

Bagi UMB sendiri MataAir Foundation dapat menjawab kedua kebutuhan tersebut yaitu mengembangkan vokasi dan social awareness. “MataAir Foundation bagi kami adalah  salah satu pihak yang tepat untuk menjawab keperluan kami, selain mengasah keilmuan vokasi anak-anak kami berharap juga dilibatkan dalam kegiatan sosial-pendidikan yang sudah ditekuni MataAir”tambahnya

Bagi MataAir Foundation konsep kerjasama dengan UMB sangat strategis bagi kedua belah pihak untuk saling mendukung dan berkembang bersama.  Selain mengembangkan media kreatif-online bagi pelajar, mahasiswa  magang memilki kesempatan terlibat dalam kegiatan sosial; pendampingan pelajar dan santri.

“Kami ada mataair.tv yakni televisi online atau youtube chanel dan mengembangkan majalah dinding online bagi pelajar melalui  mading.id. selain itu kita lakukan pendampingan ke sekolah untuk pembuatan majalah dinding online. Kami melihat bukan pada support anak-anak magangnya, tapi kami meyakini jiwa anak muda yang terlibat tentunya lebih tajam dan dekat menangkap arah tren” tutur CEO MataAir Foundation, Muhammad A Idris, Selasa (12/04)

Kesepakatan ini diambil setelah melakukan simulasi kerjasama selama dua periode magang mahasiswa UMB di MataAir Foundation. kedua belah pihak sepakat dengan hasil selama simulasi dengan berkembangnya anak-anak setelah selesai magang. (bib)

 

Leave a Reply