Training of Trainer (TOT)

student peace campTraining of Trainer (TOT)
MataAir Foundation, sebagai sebuah yayasan terkemuka yang bergerak dalam bidang pendidikan dan kebudayaan, menyadari akan pentingnya pendidikan karakter bagi pelajar. Mengingat, usia pelajar sangat rawan dipengaruhi oleh hal-hal negatif, yang dapat merusak karakter mereka. Seperti, pengaruh ideologi radikal, narkoba, tawuran, dan lain-alin, yang kini sedang merebak di negeri ini. Terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Maka, dalam menjawab permasalahan itu, kami menyelenggarakan Student Peace Camp. Student Peace Camp (SPC), merupakan sebuah program pembentukan karakter bagi pelajar se-Jakarta. Program ini dilaksanakan melalui karantina yang dilaksanakan selama empat hari. Selama masa itu, para pelajar yang menjadi peserta akan mendapatkan berbagai materi pembentukan karakter. Seperti, kepemimpinan, penyelesaian masalah, manajemen organisasi, out bound, seni, dan pendidikan kewarganegaraan. Seluruhnya akan diberikan oleh pemateri terkemuka yang sesuai dengan bidangnya. Selama acara ini, mereka juga akan mendapatkan pendampingan dari mentor ahli dari Tim MataAir. Pendampingan yang dilakukan tidak hanya seputar pendalaman materi, tapi juga secara menyeluruh. Baik pendampingan secara psikis agar peserta lebih nyaman, dan melakukan evaluasi atas pribadi peserta selama karantina. Sehingga, selepas acara ini, pembentukan karakter yang diharapkan benar-benar tercapai. Selain itu, SPC juga bertujuan untuk membangun keakraban diantara pelajar-pelajar lintas SMA se-Jakarta. Setiap pelajar yang telah mengikuti SPC, akan secara resmi menjadi alumni yang berada di bawah pendampingan Tim MataAir Foundation. Kedepannya, mereka akan dilibatkan dalam program lain yang dilaksanakan oleh MataAir Foundation.

Tujuan
Kegiatan yang didasari oleh semakin berkembangan radikalisme di kalangan pelajar memiliki beberapa tujuan:

  • Membangun solidaritas di kalangan pelajar dengan kreativitas tanpa anarkisme.
  • Mengembangkan minat dan bakat pelajar dalam wadah yang postif.
  • Menciptakan generasi yang bertindak, berargumentasi dan beraksi positif serta memberikan pengaruh nyata bagi lingkungan sekitar dan masyarakat.
  • Menciptakan lingkungan dan hidup damai dengan dimulai dari tindakan aksi para pemuda yang produktif dan inovatif

Waktu & Tempat
Waktu : Minggu s/d Rabu 7 – 1 0 Desember 201 4
Tempat : Pondok Pemuda Cibodas, Bogor, jawa Barat.

Jadwal Pendaftaran
1 7 November s/d 1 Desember 201 4

Syarat dan ketentuan Peserta

  • Setiap sekolah mengirimkan 4 delegasi
  • Calon peserta merupakan siswa SMA/Sederajat aktif kelas XI
  • Calon peserta merupakan Ketua OSIS dan atau anggota aktif OSIS saat mendaftar
  • Calon peserta wajib mengisi formulir secara manual dan secara online
  • Calon peserta menyertakan hasil scan sertifikat kejuaraan, seminar, atau pelatihan yang diisikan dalam formulir (tidak wajib)
  • Calon peserta wajib menyertakan fotokopi kartu pelajar
  • Calon peserta wajib menyertakan surat keterangan kepala sekolah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan adalah ketua ataupun anggota OSIS saat mendaftar
  • Calon peserta wajib mengirimkan scan surat izin orang tua/wali murid
  • Calon terpilih diwajibkan untuk mengikuti rangkaian acara dari awal hingga akhir (7 – 1 0 Desember 2014)
  • Mengirimkan esai tentang perdamaian (1 esai untuk tiap sekolah)
  • Melengkapi seluruh persyaratan yang ada
  • Perserta/perwakilan sekolah melakukan konfirmasi pendaftaran melalui telepon atau sms ke no Wachid Ervanto (08223364081 5), Rida F Qinvi (08785745695)
  • Peserta melakukan registrasi online.

MENTOR/ FASILITATOR
Mentor atau fasilitator kegiatan ini dipandu langsung oleh mentor-mentor professional yang dipilih berdasarkan pengalaman dan jam terbang dari masing-masing mentor atau fasilitator. Mentor atau fasilitator terdiri dari berbagai alumni Perguruan Tinggi Negeri favorit di Indonesia, seperti Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), UIN Jakarta dan UIN Jogja. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Wachid Ervanto (08223364081 5), Rida F Qinvi (08785745695)

Klik disini untuk mengisi formulir SPC ( Student Peace Camp)