BPUN

BPUN MataAir merupakan program utama dari Yayasan Mata Air. Program ini memiliki tujuan yaitu mengantarkan sebanyak-banyaknya pelajar untuk melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), di program studi yang beragam (Kedokteran, Teknik, Ekonomi, Psikologi, Hubungan Internasional, Pertanian, dan lain-lain). BPUN memberi harapan kepada pelajar kurang mampu untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). BPUN MataAir memberikan pendampingan dibidang akademik, penguatan soft skill dan Beasiswa studi di PTN. Secara Garis Besar BPUN Berbicara tentang tiga hal: Pendidikan, Kepemimpinan dan Keberagamaan yang Ramah.

BPUN diinspirasi proses panjang dari pergumulan beberapa generasi muda bangsa yang tergabung dalam Komunitas MataAir Jakarta dan ingin ikut berperan dalam memberikan inspirasi, motivasi serta pengalaman kepada pelajar di Indonesia. Berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, generasi ini bertahun-tahun mencari formula baru yang kemudian tercetus ide tentang BPUN. Sudah ribuan pelajar yang ikut BPUN hingga hari ini. Bahkan ratusan alumni BPUN sudah terserap di dunia profesional seperti birokrat, swasta, akademisi, dan lain-lain. Model pembelajaran BPUN terdiri dari, mengkombinasikan model belajar tutorial, belajar mandiri, diskusi kelompok, belajar in class & Outdoor, memadukan dengan Leadership Training, memberikan materi lain nonmata pelajaran seperti leadership, enterpreneurship, life skill, keberagamaan yang toleran dan moderat, dan adanya asrama (camp) bagi peserta BPUN selama pelaksanaan program.

Sejarah

Awalnya, BPUN diinspirasi proses panjang dari pergumulan beberapa generasi muda yang tergabung dalam Komunitas MataAir Jakarta yang ingin berperan serta dalam memberikan inspirasi, motivasi serta pengalaman kepada pelajar di Indonesia. Generasi muda ini berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (UNDIP), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Proses panjang dari pergumulan tersebut kemudian tercetus BPUN sebagai sebuah produk (bimbingan belajar) yang bertujuan untuk membantu pelajar kurang mampu untuk dapat mengakses pendidikan di Perguruan Tinggi (PTN) tanah air.

Bimbingan belajar ini (BPUN) pertama kali diadakan pada tahun 2007 di 3 (tiga) kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta. Pada awal diadakan lebih dari 75% peserta BPUN bisa masuk ke PTN. Tahun berikutnya, tepatnya 2008 BPUN mulai dikembangkan diberbagai daerah, dari 3 kota menjadi 7 kota. Tahun 2011 BPUN berkembang menjadi 25 kota/ kabupaten. Pada tahun 2012 BPUN diselenggarakan di 40 kota/ kabupaten di Indonesia. Tahun-tahun berikutnya Asrama kilat berkembang sampai pada tahun 2013 ada sekitar 50 Kota/Kabupaten yang mengadakan BPUN. Tahun 2014 BPUN kembali hadir di 48 kota/ kabupaten pelaksana. Di tahun 2015 BPUN diselenggarakan di 43 kota/ kabupaten di Indonesia dengan tingkat kelulusan mencapai 60%. Di tahun 2016 BPUN diselenggarakan di 60 kota/kabupaten di Indonesia dengan tingkat kelulusan mencapai 59%.

Setiap tahunnya, BPUN diikuti oleh ribuan peserta dan tiap tahunnya pula menghasilkan ribuan lulusan yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri unggulan di Indonesia. Hingga kini, sudah puluhan ribu pelajar miskin yang ikut BPUN dan menjadi bagian penting dari MataAir Foundation. Bahkan ratusan alumni BPUN sudah terserap di dunia profesional seperti birokrat, swasta, akademisi, dll

Mengapa BPUN ?

BPUN Mata Air memberi harapan kepada pelajar kurang mampu untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). BPUN Mata Air Memberikan pendampingan dibidang akademik, penguatan soft skill dan Beasiswa studi di PTN.

Mata Air terpanggil untuk berperan, karena kompetisi dan akses pendidikan yang masih kurang ramah kepada masyarakat yang kurang mampu. Tak sekedar itu, BPUN juga membekali pendidikan karakter, jiwa kepemimpinan, keberagamaan yang ramah kepada para pelajar agar mempunyai perspektif dan berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sejak dirintis hingga 2016, sudah lebih dari 50 Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia. Selain itu di dalam Asrama ditekankan pula pendidikan karakter, nilai keagamaan yang toleran dan tidak sekedar menjadi perbincangan, namun sekaligus menjadi habit dan ruh keseharian peserta yang mengikuti kegiatan BPUN. Oleh sebab itu, secara garis besar BPUN berbicara tentang tiga hal: Pendidikan, Kepemimpinan dan Keberagamaan yang ramah.

Tujuan Umum

Mengantarkan sebanyak-banyaknya pelajar kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) unggulan, di program studi yang beragam (Ekonomi, Kedokteran, Teknik, Psikologi, Hubungan Internasional, Pertanian dan lain-lain.

Tujuan Khusus:

  1. Membekali calon mahasiswa dengan nilai dan karakter kebangsaan, keberagamaan yang inklusif serta nilai-nilai kepemimpinan.
  2. Mempersiapkan generasi pemimpin yang multi-talenta, multi-disiplin ilmu dan mempunyai kepedulian sosial terhadap masyarakat yang membutuhkan pendampingan.
  3. Membantu kelompok masyarakat kurang mampu yang berprestasi untuk dapat berkompetisi dengan kelompok masyarakat berkecukupan dalam bersaing memperebutkan kursi PTN.

Pembelajaran
BPUN ini akan dilakukan dengan mengkombinasikan model belajar tutorial, belajar mandiri, diskusi kelompok, belajar in class dan out door; BPUN ini sekaligus akan dipadukan dengan Leadership Training & Management Training; Selain materi mata pelajaran yang diujikan di SBMPTN, Peserta juga akan diberikan materi non-mata pelajaran seperti leadership, enterpreneurship, life skill keberagamaan yang toleran dan moderat; Selama pelaksanaan program, Peserta diasramakan selama satu bulan penuh.

Apa Persyaratan Mengikuti BPUN ?

  • Siswa yang baru lulus SMU/MA/SMK yang tersebar diseluruh Indonesia.
  • Lulus tes seleksi yang diadakan oleh Panitia.
  • Benar-benar mempunyai keinginan untuk melanjutkan kuliah.
  • Bersedia tinggal di asrama dan mematuhi peraturan asrama.

Mentor/ Pemateri

Dipandu oleh mentor-mentor profesional yang sudah berpengalaman yang mendampingi untuk menata karakter dan spiritual para Peserta. Seperti dosen, guru bimbel profesional, guru sekolah, aktivis hingga tokoh agama (kiai).

Alumni

Alumni BPUN sampai saat ini sudah mencapai angka 15.950 dan tersebar di berbagai Perguruan Tinggi Negeri unggulan di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh November dan lain-lain. Berbagai macam kegiatan untuk mendampingi alumni BPUN terus dilakukan setiap bulan dan tahunnya. Secara garis besar, kegiatan pendampingan alumni BPUN dilakukan secara rutin setiap minggunya di masing-masing PTN yang telah terbentuk jaringan alumni BPUN MataAir Foundation. MataAir dengan beberapa partner juga menyediakan dan memberikan beasiswa bagi para mahasiswa alumni BPUN yang tersebar di PTN ternama di Indonesia. Dengan semangat perjuangan yang sama dan diikat oleh nilai yang sama, alumni BPUN MataAir Foundation telah menjadi sebuah ikatan keluarga yang sulit dipisahkan. Berikut grafik alumni BPUN MataAir Foundation.

Untuk informasi pendaftaran dimasing-masing kota silahkan klik disini. Atau hubungi kami di nomor (021) 23951853, WhatsApp : 082233640815