Peneliti

Profile

Ahmad WariAhmad Wari, lahir di Pontianak pada 28 Juni 1977. Ia memulai pendidikannya di MIN Teladan Bawamai Pontianak. Setelah lulus, ia bersama teman-temannya melanjutkan belajar di MTsN II Pontianak. Diantara banyak teman-temannya, ia salah satu putera daerah yang punya harapan dapat belajar diperantauan dengan harapan mendapatkan pengalaman lebih. Setelah lulus di bangku MTsN, harapannya pun terwujud ia lanjut menimba ilmu di salah satu Pesantren terkenal di Jawa Timur sembari menimba ilmu di MAN Denanyar Jombang Jawa Timur, dari situlah pengalamannya mulai terasah. Setelah lulus, ia kemudian kembali ke tanah kelahirannya di Pontianak dan melanjutkan studinya di Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura Pontianak. Pasca di wisuda, pemuda yang akrab dipanggil Wari ini melanjutkan studinya di Pascasarjana Universitas Indonesia Jakarta. Sejak masih di kampung halaman, Wari aktif dalam diskusi dan aktivitas di organisasi terbesar di Indonesia ini, NU. Berkah khidmatnya dengan NU itu, ia dipercaya sebagai Sekretaris Jenderal PP IPNU periode 2006-2009. Ia masih mendedikasikan dirinya untuk Nahdlatul Ulama hingga kini serta menyempatkan waktu disela-sela kesibukannya untuk berbagi pengalaman di MataAir Foundation bersama rekan dan sahabat-sahabat.


Muhamad Rosyid JazuliMuhamad Rosyid Jazuli
Setelah lulus dari SMA di Blitar, Rosyid mendapatkan beasiswa Paramadina Fellowship untuk melanjutkan studi jenjang S1 di Universitas Paramadina jurusan Manajemen Bisnis. Semasa studinya ini, ia mendapatkan kesempatan kuliah di North Dakota State University di Amerika Serikat melalui program Undergraduate Exchange Program. Selesai dengan jenjang S1 -nya, ia bekerja sebagai staf media pribadi Jusuf Kalla yang kini merupakan Wakil Presiden RI 201 4-201 9. Tepat setelah JK resmi menjadi Wapres untuk kedua kalinya, Rosyid memilih untuk kembali ke dunia akademik dengan bergabung menjadi peneliti di Paramadina Public Policy Institute. Di samping kegiatan utamanya di atas, Rosyid aktif di berbagai organisasi kepemudaan seperti IPNU dan ANSOR.


wachidWachid Ervanto, lahir di Jakarta pada 4 Juli 1993. Ia memulai pendidikannya di SDN Petukangan Jakarta Selatan. Setelah lulus, ia melanjutkan studinya di SMPN 110 Jakarta dan kemudian lanjut di SMA 63 Jakarta. Sejak kecil ia tinggal di Jalan H. Muchtar 3 Kreo Larangan Tangerang bersama keluarganya. Wachid terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Jakarta, sejak 2011 – sekarang. Saat masih di duduk bangku SMA, ia telah aktif di berbagai organisasi. Ia pernah tercatat sebagai anggota OSIS SMAN 63 Jakarta tahun 2008-2010, Rohis SMA N 63 Jakarta 2008-2011 , Forum Alumni Rohis SMAN 63 Jakarta 2011 -sekarang. Selama menjadi mahasiswa, ia juga tercatat aktif dalam berbagai organisasi: Departemen Kaderisasi PMII Komisariat Fakultas Tarbiyah UIN Syarif Hidayatullah; Koordinator Departemen Kaderisasi PMII Rayon Pendidikan Bahasa Arab; Departemen Informasi dan Komunikasi PBA; Departemen Kemahasiswaan PBA; Koordinator Pengembangan Mahasiswa Ithla’ Indonesia. Kini, ia aktif di BEM Pendidikan Bahasa Arab dan juga menjadi volunteer di MataAir Foundation. Untuk berkenalan secara lebih dekat, Wachid –sapaan akrbanya- dapat dijumpai lewat akun twitternya @wachidervanz, dan Wachid Ervanto di Facebook, atau lewat e-mail pribadinya firstmaninlife@gmail.com


ikhsanMuhammad Ikhsan, lahir di Bukittinggi, 7 Oktober 1993. Masa kecilnya ia habiskan di Bukittinggi bersama keluarga. Saat masih usia remaja, Ikhsan mengenyam pendidikannya di SMPN 1 Bukittinggi dan berlanjut di SMAN 2 Bukittinggi. Pemuda alumni SMAN 2 Bukittinggi ini memberanikan diri untuk hijrah ke Ibu Kota Jakarta di tahun 2011 dan terdaftar sebagai mahasiswa aktif di Prodi Hubungan Internasional UIN Jakarta (2011 -sekarang). Sejak itu ia tinggal di Jl. Tarumanegara no. 72, Pisangan Barat, Ciputat-Tangerang Selatan. Sebagai mahasiswa, ia aktif di berbagai organisasi, baik intra maupun ekstra kampus. Ia tercatat sebagai Kepala Bidang Litbang, Aksi dan Advokasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat FISIP UIN Jakarta 2014; Kepala Biro Olahraga BEM FISIP UIN Jakarta 2011 ; Kepala Bidang Seni dan Budaya BEM FISIP UIN Jakarta 201 3; Founders Lembaga Semi Otonom Music is Like Folklore (MILF) FISIP UIN Jakarta (2011 ); Redaktur Tabloid BIRU, Lembaga Pers Mahasiswa Pisangan. (2013-sekarang). Kini, ia aktif menjadi volunteer di MataAir Foundation. Untuk berkenalan lebih dekat, Ikhsan dapat dijumpai lewat akun @ikhsanmhd di twitter, dan Mhd Ikhsan di Facebook, atau lewat e-mail pribadinya ikhsaniyf@gmail.com.


Muhamad Ahsan RidhoiMuhammad Ahsan Ridhoi, atau yang akrab dipanggil Ahsan, lahir di Sidoarjo 20 tahun silam, tepatnya pada 9 Agustus 1994. Saat ini ia tinggal di Jl. Tarumanegara no. 72, Pisangan Barat, Ciputat-Tangerang Selatan. Ahsan terdaftar sebagai mahasiswa aktif di Prodi Hubungan Internasional UIN Jakarta (2011 -sekarang). Dibangku kuliahnya inilah, ia aktif di berbagai organisasi, baik intra maupun ekstra kampus. Ia tercatat sebagai Ketua Bidang Kaderisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia(PMII) Komisariat FISIP UIN Jakarta 2011 – sekarang; Editor in Chief Tabloid Biru 201 2-sekarang; Staff redaksi Majalah Surah Sastra 201 2-sekarang; Founder Majalah Sehalaman PLO T1 7 (2013); Duta Media Sosial Abdurrahman Wahid Centre UI (2013); Kepala Biro Kajian dan Keilmuan HMJ HI FISIP UIN Jakarta (2011 ). Kini, ia aktif menjadi volunteer di MataAir Foundation. Untuk berkenalan lebih dekat, Ahsan dapat dijumpai lewat akun @ahsanridhoi di Twitter, dan Ahsan Ridhoi di Facebook, atau lewat e-mail pribadinya ahsan.ridhoi@gmail.com.