KABUPATEN BATANG KEMBALI GELAR KEGIATAN BPUN 2015

Posted on Posted in News, Terbaru

Tahun 2015 kegiatan BPUN kembali kembali di gelar di Batang, Jawa Tengah. Kegiatan ini dihelat 6 Mei hingga 2 Juni 2015, diikuti oleh 50 peserta yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok Saintek 25 orang dan kelompok Sosial Humaniora 25 orang. Peserta BPUN Batang dipilih melalui proses seleksi BPUN dalam bentuk Try Out SBMPTN. Try Out SBMPTN dilaksanakan dalam 2 gelombang, gelombang pertama untuk Zona Batang Barat dilaksanakan pada 2 Mei 2015 di Gedung PCNU Batang dan gelombang kedua tanggal 3 Mei 2015 di SMK Ma’arif NU 01 Limpung.

BPUN dibuka pada Rabu siang 6 Mei 2015 oleh KH Sholihin Syihab Pengasuh Pondok Pesantren Al-Munawwir Gringsing. Pondok Pesantren yang memiliki lembaga pendidikan formal SMP dan SMA NU Al Munawwir ini dipercaya sebagai tuan rumah pelaksaaan BPUN Batang sejak tahun 2012. Hadir dalam upacara pembukaan KH Solikin S.Pd. (wakil ketua PCNU Batang), Umar Abdul Jabar (ketua PC GP Ansor Kab. Batang) beserta jajaran pengurus PC GP Ansor Batang, segenap penyelenggara BPUN Batang 2015 dan orang tua atau wali peserta.

Nur Tofan selaku Manajer Kota BPUN Batang 2015 menyampaikan bahwa BPUN bukanlah Bimbingan Belajar Biasa karena BPUN bukanlah bimbel biasa, peserta tidak hanya mendapatkan materi persiapan SBMPTN tetapi juga mendapat materi peningkatan kualitas diri seperti akhlak mulia, kepemimpinan, kewirausahaan, keorganisasian, wawasan kebangsaan dan kebhinekaan, Islam Nusantara dan lain-lain. Terpenting lagi materi keagamaan dan ritual-ritual agama seperti sholat tahajud, sholat dhuha, istighotsah juga akan didapatkan oleh peserta.

Kegiatan BPUN Batang Tahun 2015 yang digawangi oleh M Khoirun Nafi (operasional), M Siswanto (akademik), Siti Istirokhah (Keputrian) dan M Fahrub (Keagamaan) tidak lepas dari dukungan berbagai pihak yaitu alumni BPUN 2012, 2013 dan 2014. Dewan pendidik SMA NU Al-Munawwir Gringsing, LP Ma’arif NU Kab Batang dan Kepala SMA,MA dan SMK se Kabuten Batang juga Forum Komunikasi Mahasiswa Batang Indonesia dan PC IPNU-IPPNU Kab. Batang.