B-four “Bpun 2015 Bukan Bimbel Biasa”

Posted on Posted in News, Terbaru

Bimbingan belajar pasca Ujian Nasional (BPUN) Mata Air yang merupakan program unggulan Mata Air Foundation bukanlah bimbel seperti pada umumnya. BPUN yang merupakan program bimbingan belajar untuk pendampingan siswa miskin masuk perguruan tinggi, agar mereka siswa-siswa tersebut siap saat menghadapi ujian SBMPTN. Siap yang dimaksud bukan hanya siap secara materi atau pengetahuan tetapi juga siap secara batin ataupun mental. BPUN tidak hanya memberikan materi pelajaran yang akan di ujikan saat SBMPTN, tetapi juga memberikan materi keagaamaan.

Kegiatan BPUN dilakukan secara intensif selama kurang lebih 1,5 bulan dimana peserta di inapkan di pesantren maupun yayasan sekolah keagamaan. BPUN di isi dengan materi umum mulai dari pagi hingga menjelang petang, namun saat malam juga disi dengan materi keagamaan, baik mengaji kitab maupun penyuluhan dan ceramah agama. Kegiatan tersebut dilakukan agar siswa-siswa tersebut tidak hanya pintar dan bisa masuk perguruan tinggi ternama, tetapi juga kelak agar memiliki moral dan sikap yang baik saat menuntut ilmu dan harapannya kedepan menjadi penerus bangsa yang memiliki kemampuan dan sikap yang baik bagi kemajuan bangsa.

Hal yang beebeda dari bimbel lainnya lagi adalah kegiatan tidak hanya di isi dengan materi pelajaran maupun kegamaan. Bpun juga diisi dengan kegiatan berolah raga, outbond, outing atau kunjungan ke tempat tempat yang bermanfaat bagi siswa, misalnya kunjungan ke kampus, ke museum atau tempat tempat yang memiliki manfaat bagi siswa. Kegiatan tersebut memiliki tujuan agar peserta tidak merasa jenuh sehingga tetap bisa bersemangat mengikuti BPUN. Selain itu, BPUN tahun 2015 ini, panitia dan tentor daerah diharapkan memiliki keterampilan agar alur kegiatan dapat berjalan dengan dinamis dan menyenangkan.

Bila memungkinkan, setiap panitia dan calon daerah pelaksanaan BPUN direncanakan akan dikumpulkan dalam beberapa hari oleh panitia pusat untuk mendapatkan Training of Trainers (ToT) sebagaimana disampaikan oleh Direktur Research and Development Mata Air, Muhammad A Idris. Hal tersebut masih berupa rencana sebab waktu yang mepet serta kepadatan aktivitas tim Mata Air Jakarta yang belum bisa dipastikan waktunya. Selain untuk memberi arahan bagaimana cara menjaga dinamisasi kegiatan, ToT tersebut juga dimaksudkan agar para panitia dan tentor di daerah mampu mentransfer ilmu dengan mudah dan memberikan pelatihan softskill kepada para peserta. Softskill yang dimaksud adalah communicating (public speaking) dan leadership, dua hal tersebut sangatlah penting bagi siswa agar mereka tidak hanya pintar tetapi juga Inspiring (Menginspirasi), Softskill tersebut sangat diperlukan demi terbentuknya seseorang yang mampu menginspirasi.