Alumni MataAir Gelar Jurnalistik Pelajar

Posted on Posted in News, Terbaru

Bulan lalu (27-28/12/14), alumni MataAir kota Kudus gelar pelatihan jurnalistik. Bertempat di SMA NU Raden Umar Sa’id, kegiatan yang digelar selama dua hari itu diikuti oleh pelajar perwakilan SMA/ SMA di Kudus. Dengan mengusung tema “The Rise of Journalist”, sebanyak 25 orang peserta tergabung di dalamnya. Adapun lokasi kegiatan masuk dalam area wisata gunung Muria. Alasannya  karena memiliki nuansa menarik untuk diamati dalam jurnalistik, tutur Iqbalul Haq ketua panitia jurnalistik.

Saat ini training journalist sangat dibutuhkan sekali, mengingat kualitas majalah dan bulletin di tiap sekolah banyak mengalami naik turun. Sehingga akan lebih baik jika dibuatkan pelatihan menulis secara kolektif agar peserta berkompetisi dalam kualitas usai dari kegiatan ini. Harapannya, agar skill yang didapatkan dapat diaplikasikan mereka (pelajar) secara serius. Kita mencoba membangkitkan jiwa kompetisi menulis mereka, lanjut Ali Shofi’i sebagai penanggungjawab kegiatan.

Mengenai kepanitian, kami mengandalkan alumni MataAir berdomisili Kudus dan beberapa luar kota yang kebetulan pulang karena liburan kuliah. Asumsinya, mahasiswa alumni bimbel MataAir menyimpan banyak potensi terutama kreatifitas menulis.

Mereka diajak kembali untuk gabung membuat kegiatan yang bermanfaat bagi adik kelasnya. Ibarat sekali mendayung dua pulau terlampaui, tujuan kegiatan dapat tercapai sekaligus jadi kesempatan mempererat silaturahim dan tukar pengalaman antar alumni. Terlebih, panitia bekerjasama dengan Jawa Pos Radar Kudus sebagai narasumber penuh kegiatan. Kebetulan, pas saja dengan moment liburan kuliah sehingga tidak terlalu repot dan mengganggu jadwal akademik mereka, ungkap Ali Shofi’i.

Harapannya, tidak hanya aktif membuat training jurnalistik saja. Tapi alumni juga harus kreatif menulis. Kan menulis butuh belajar dan membaca dulu, inilah cara cerdas mengajak belajar adik-adik kita, pesan panitia.