67 Siswa Ikuti Seleksi Pertama Peserta BPUN Bojonegoro 2015

Posted on Posted in News, Terbaru

Sebanyak 67 siswa dari berbagai sekolah di daerah Bojonegoro, Tuban dan Lamongan mengikuti seleksi peserta Bimbingan Belajar Pasca Ujian Nasional (BPUN) Bojonegoro 2015 gelombang pertama.

BPUN adalah program dan wadah bimbingan serta pemberdayaan siswa-siswi lulusan setingkat SMA yang dikomandoi oleh MataAir Foundation Jakarta, utamanya agar lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015. Bojonegoro tahun ini dipercaya oleh MataAir Foundation Jakarta untuk menggelar Bimbingan Pasca Ujian Nasional (BPUN) yang pertama kalinya, karena pada tahun-tahun sebelumnya peserta yang dari Bojonegoro mengikuti BPUN di Kabupaten lainnya, seperti di Surabaya, Gresik, dan Jombang.

Koordinator Operasional BPUN 2015 Kabupaten Bojonegoro Much. Muntholib menyebut, “Calon peserta BPUN pada tahun pertama ini terlihat sangat antusias dan menyambut gembira dengan diselenggarakannya BPUN di Bojonegoro”. Try Out untuk menentukan calon peserta yang layak masuk BPUN 2015 dibuka dua gelombang. Gelombang pertama dilangsungkan pada hari Jum’at, 27 Maret 2015 di Gedung SMK Nasional Gunungsari Baureno Bojonegoro dengan diikuti peserta sebanyak 32 dari wilayah timur dan 35 peserta dari wilayah Barat yang akan diselenggarakan besok pada hari Minggu, 29 Maret 2015 di gedung PCNU Bojonegoro. Untuk gelombang kedua akan dilaksanakan pada tanggal 26 April 2015. Try Out seleksi masuk BPUN Bojonegoro 2015 ini dilaksanakan pada pukul 9 pagi. Peserta diminta datang 15 menit sebelum Try Out dimulai dengan membawa peralatan tulis secara mandiri. Dari seleksi tersebut akan diambil 30 peserta di gelombang pertama yang terdiri atas 15 peserta dari kelas IPA dan 15 peserta dari kelas IPS, ujar Muntholib.

Pihaknya menjamin seleksi peserta untuk masuk BPUN Mata Air dilaksanakan secara ketat dan fair atau transparan. Nilai yang diperoleh setiap peserta Try Out akan menjadi penentu masuk atau tidaknya ke BPUN Bojonegoro. Muntholib menjelaskan, “Seleksi sengaja dilaksanakan secara ketat untuk menjaring mereka yang potensial lolos ke SBMPTN. Sebab pada seleksi tersebut, puluhan ribu calon mahasiswa dari seluruh Indonesia berkompetisi untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri Unggulan.”

Manager Kota BPUN 2015 Kabupaten Bojonegoro, Rohman menambahkan, “hasil Try Out pertama dan kedua akan diumumkan secara terbuka melalui Fanspage BPUN Kab. Bojonegoro pada hari Rabu, 29 April 2015”. Pihaknya pun akan mengirimkan sms kepada mereka yang dinyatakan lolos sebagai peserta Bimbingan Belajar Pasca Ujian Nasional (BPUN) MataAir 2015.